Kampung Hijau Solusi Jangka Panjang Pengentasan Kemiskinan di Ibukota

 Editor: M.Ismail 

Jakarta (HO) – Zakat Community Development (ZCD) merupakan program pemberdayaan BAZNAS melalui komunitas dan desa dengan mengintegrasikan aspek dakwah, ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan kemanusiaan secara komprehensif yang sumber pendanaannya dari zakat, infak, sedekah dan dana sosial keagamaan.

ZCD meresmikan program kampung urban yang bekerjasama dengan Berani Foundation yang bertempat di aula kelurahan kebon Manggis RW.02 Kebon Manggis, Kecamatan Matraman Jakarta Timur, Jumat (9/4/2021) kemarin.

Baca Juga:  DPP LSM BANKI, Desak APH Panggil dan Periksa Kepala SMP Muhammadiyah 3 Balam

Pemilihan Kebon Manggis dilatarbelakangi cukup gersangnya wilayah tersebut ditambah banyaknya masyarakat prasejahtera.

Arif Sarifudin selaku ketua RW Kebon Manggis menyambut positif dan berterima kasih kepada BAZNAS atas inisiasi kampung hijau diwilayahnya.

“Kami menyambut positif program ini, karena sebagai solusi pengentasan kemiskinan yang sesuai dengan tujuan besar program dari ZCD merubah mustahiq menjadi muzakki,” jelasnya.

Dia memaparkan, saat ini aksi nyata pada kampung hijau diantaranya, budidaya lele kolam, penanaman pohon manggis yang sesuai dengan sejarahnya.

Baca Juga:  Jelang Idul Adha, Harga Hewan Qurban di Pesawaran Alami Kenaikan

“Kemudian bantuan-bantuan ke Yatim, dhuafa dan janda serta kedepan optimalisasi lahan pasif menjadi produktif dibantaran sungai Ciliwung sebagai ikon sejarah Matraman,” ujarnya.

Diketahui hadir dalam peresmian program Kampung Pemberdayaan Urban tersebut, Camat Matraman, Lurah Kebon Manggis, Direktur program ZCD BAZNAS dan jajaran, ketua RW 02, karang taruna 02 serta perwakilan masyarakat kebon manggis. (Fajar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here