Kamis, Oktober 24, 2024

Dinas Kesehatan Pesawaran Layani Masyarakat Buka Posko di Lokasi Banjir

Pesawaran (HO) – Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran, mendirikan dua posko kesehatan di lokasi banjir Desa Bunut Kecamatan Way Ratai, guna menjamin kesehatan para korban bencana banjir.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pesawaran Dr. Media Apriliana mengatakan, pihaknya telah menyiapkan petugas kesehatan yang siaga di lokasi dan juga peralatan lainnya.

“Selain petugas, kita juga menyiapkan obat-obatan di posko kesehatan yang kita bangun, sehingga ketika ada masyarakat yang datang petugas sudah siap semua,” terang nya, Senin 4 Maret 2024.

Dirinya mengatakan, biasanya kasus-kasus gangguan kesehatan muncul beberapa hari setelah kejadian banjir.

Baca Juga:  Sebanyak 1024 Anggota BPD Dikukuhkan Bupati Pesawaran

“Biasanya, masyarakat korban banjir mereka baru merasakan penurunan kesehatan, beberapa hari setelah kejadian musibah, mungkin karena faktor kelelahan dan stres juga ya, makanya daya tahan tubuh terus menurun,” ucap dia.

Menurutnya, gangguan kesehatan yang sering terjadi di lokasi bencana banjir, mulai dari demam, diare dan gangguan pernapasan, kemudian gatal-gatal di bagian kulit.

“Kita juga mengantisipasi, keluhan para lansia yang mungkin dia mengidap penyakit yang mengharuskan mengkonsumsi obat secara rutin, namun obat-obatannya terbawa banjir seperti penyakit jantung, darah tinggi dan lainnya, makanya semua obatnya kita siapkan di posko,” kata dia.

Baca Juga:  Residivis Begal Ngaku Intel Korem, Peras Warga Berujung di Borgol

Dirinya mengatakan, posko tersebut direncanakan akan berdiri selama dua hari, dan nantinya pelayanan kesehatan akan kembali lagi ke Puskesmas yang letaknya tidak terlalu jauh dari lokasi banjir.

“Setelah dua hari, pelayanan akan kembali lagi ke Puskesmas, karena kebetulan Puskesmas tidak terlalu jauh dari lokasi banjir kemarin, nantinya kita juga akan melakukan pengecekan kesehatan secara mobile kepada masyarakat korban banjir,” pungkasnya. (Red)

Berita Populer

Polemik Dugaan Ijazah Bodong, Bawaslu sebut Berpedoman Pada KPU Pesawaran

Lampung (HO) - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesawaran Fatihunnajah angkat suara terkait polemik dugaan Ijazah bodong oleh calon Bupati Aries Sandi Darma...

Diduga Terlibat Penimbunan BBM, Masyarakat Desak Pemilik SPBU 23.353.18, Pecat Manager dan Pengawas 

Pringsewu (HO) - Terkait adanya dugaan Penimbunan BBM yang terjadi di SPBU 23.353.18, yang terletak di jalan Ganjaran ll Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu Provinsi...
error: Content is protected !!