Tanggap Cepat, PT JJAA Segera Tampung, Aspirasi Keluhan Masyarakat Dua Desa

 Editor: M.Ismail 
Thamaroni Usman Manager General Affair PT. JJAA

Lampung Selatan (HO) – Pimpinan Peternakan Sapi Potong (Cattle Freedlot) PT Juang Jaya Abdi Alam (JJAA) terletak di jalan Trans Sumatera KM 40 Sidomulyo terkait isu pencemaran sungai dan lalat yang mengganggu aktivitas masyarakat di Desa Kota Dalam dan Desa Suka Banjar Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung, Akan Segera menampung dan menanggapi dengan Cepat  Aspirasi maupun keluhan masyarakat.

Pimpinan Sapi Potong (Cattle Freedlot) PT Juang Jaya Abdi Alam, melalui Thamaroni Usman jabatan Manager General Affair PT. JJAA dia mengatakan terkait isu yang beredar di kalangan masyarakat dalam hal ini pihaknya akan segera mengatasi secara cepat dalam menyelesaikan permasalahan maupun persoalan dan selalu memprioritaskan kesehatan masyarakat.

“Terkait dengan isu lalat dan pencemaran sungai, bukan berarti PT Juang Jaya tidak melakukan apapun selama ini. itu sudah dilakukan dan akan kita perbaiki lagi ke depannya dengan melakukan normalisasi sungai dan kita akan berkomunikasi kembali dengan aparat desa dan kadus dan masyarakat yang ada di dua desa tersebut,” terang Thamaroni Usman jabatan Manager General Affair PT. JJAA Kepada Handalonline.com di ruang kerja nya Kamis (26/1/2023).

Thamaroni menerangkan pihak PT Juang Jaya Abdi Alam kedepan akan semakin intens untuk melakukan penyemprotan lalat-lalat yang masuk ke pemukiman warga.

“Sudah dilakukan sejak berdirinya PT Juang Jaya namun ketika ada musim-musim tertentu memang ini tidak bisa dihindari dan ini juga akan kita lakukan program-program lebih intens ke masyarakat terkait dengan penyemprotan melibatkan semua kadus di dua desa itu,” jelas nya.

Pihak nya juga akan lakukan perbaikan SOP terkait dengan pemberian CSR pupuk kompos di masyarakat agar tidak menyebarkan pupuk-pupuk kompos yang berasal dari PT JJAA di lahan pertanian yang dekat di sekitar rumah warga yang minimal memiliki jarak 10 KM radiusnya dari perusahaan.

Baca Juga:  Resmikan Kampung KB, Nanda Indira Dendi Lakukan Pembinaan di Tresnomaju

“Terkait dengan sungai kita akan coba melakukan normalisasi sungai dengan pengerukan terkait dengan pendangkalan yang sudah bertahun-tahun. dalam waktu dekat akan segera kita koordinasikan dengan aparat desa dan kadus serta masyarakat sekitar yang membutuhkan aliran-aliran air ini,” papar nya.

Dia juga mengatakan nantinya dalam waktu dekat akan melakukan sosialisasi dulu kepada masyarakat pihaknya akan turun langsung melibatkan kepala dusun yang memang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

“Kita akan melakukan program penyemprotan rutin kemudian pembagian obat lalat dan kita juga akan libatkan kadus setempat berkoordinasi dengan kepala desa untuk menyiapkan alat-alat penyemprotan kita siapkan di 7 dusun Desa Kota Dalam dan 5 dusun Desa Suka Banjar supaya masyarakat yang membutuhkan itu bisa langsung menghubungi kadus agar dapat dilakukan reaksi secepatnya agar penanggulangan lalat juga bisa teratasi,” kata nya.

Selain itu juga, kata nya PT JJAA sudah melibatkan beberapa konsultan terkait dengan penanggulangan lalat di internal PT Juang Jaya sendiri kemudian akan kita memberikan edukasi kepada masyarakat terkait dengan pengelolaan kompos agar tidak menggangu masyarakat sekitar.

“Jadi selama ini komunikasi dengan masyarakat kita itu selalu intens. pada saat PT Juang Jaya berdiri apapun keluhan masyarakat apapun masalah masyarakat bisa langsung di komunikasikan dengan kepala dusun atau kepala desa atau bila perlu kita duduk bersama tidak ada masalah,” ungkap nya.

Dia juga mengatakan selama ini juga mereka selalu mengakomodir seluruh keluhan artinya segala macam kepentingan masyarakat desa pihak nya penuhi dari PT Juang Jaya. Jadi, hubungan PT Juang Jaya dengan masyarakat sebenarnya hubungan yang memang sudah erat.

Baca Juga:  Ciptakan Lingkungan Sehat Kakon Tanjung Agung Bersama Masyarakat Gelar Jumsih

“Mungkin tidak semuanya terakomodir makanya ketika memang ada hal-hal yang kira-kira dibutuhkan ataupun permasalahan bisa langsung menghubungi saya ataupun langsung melalui kepala desa atau aparat desa setempat agar bisa kita duduk bersama,” harap nya.

Pihaknya juga mengatakan mereka ingin keberadaan PT Juang Jaya juga dirasakan keberadaannya, kontribusi PT Juang Jaya terhadap desa masyarakat. artinya, ketika memang setelah di lakukan pembinaan-pembinaan dan pemberian bantuan memang ada tidak dapat dipungkiri ada saja masalah-masalah di bawah.

“Terkait permasalahan tersebut dan keluhan dari masyarakat setiap masalah pasti ada solusinya dan kita juga akan akomodir semua masalah kedepannya. agar dapat lebih baik lagi harapan saya kepada masyarakat agar dapat menjaga eksistensi keberadaan PT Juang Jaya agar dapat bermanfaat di tengah-tengah masyarakat khususnya di Desa Kota Dalam dan Suka Banjar umumnya di Kabupaten Lampung Selatan,” tegas nya.

Dirinya mewakili dari PT Juang Jaya Abdi Alam mengucapkan ribuan terima kasih atas kritik dan saran dari masyarakat dan ini akan menjadi tanggung jawab perusahaan untuk memberi rasa kenyamanan kepada masyarakat.

Kepala Desa Kota Dalam Ariyanto

Sementara itu Kepala Desa Kota Dalam Ariyanto Saat dikonfirmasi Handalonline.com melalui sambungan telepon seluler mengatakan pemerintah desa sudah berkoordinasi dengan pihak PT Juang Jaya alhamdulillah dengan komplain dari masyarakat sudah ditanggapi atau direspon oleh pihak perusahaan.

“Saya sudah menemui pihak PT Juang Jaya Abdi Alam mungkin ini dalam hal ini bukannya tidak diperhatikan karena pihak PT sudah sering melakukan dan memberikan perhatian khusus untuk masyarakat kemudian terkait adanya masyarakat yang komplain terkait limbah serta lalat kita sudah berkoordinasi dan mungkin dalam waktu dekat pihak dari PT akan menemui masyarakat,” sebutnya.  (Indra Jaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here