Kolonel Marinir Harry Indarto: Kelangsungan Hidup Jaminan Keamanan, Butuhkan Kekuatan TNI AL

 Editor: M.Ismail 
Danbrigif 4 Marinir/BS, Kolonel Marinir Harry Indarto membacakan amanat KASAL, saat HUT TNI AL Ke-77 tahun

Lampung (HO) – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI AL yang ke 77 tahun, Jajaran Satuan Marinir TNI AL Lampung melaksanakan upacara secara serentak seluruh Indonesia yang di Lapangan apel Markas Komando Brigade Infanteri (Mako Brigif) 4 Marinir/BS, Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung.

Pada Upacara peringatan HUT TNI AL tersebut komandan Brigade Infanteri (Danbrigif) 4 Marinir/BS Kolonel Marinir Harry Indarto selaku inspektur upacara (Irup) membacakan amanat kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono. Senin (12/9/2022).

Dalam amanat tersebut disampaikan bahwa sejarah pemgabdian TNI Angkatan Laut pada NKRI telah terukir tinta emas sejak lahirnya bangsa ini 77 tahun silam. Selama itu pula TNI AL selalu hadir dalam upaya menjaga kedaulatan dan mempertahankan NKRI sebagai jaminan keselamatan dan kelangsungan hidup bangsa Indonesia.

Baca Juga:  Oknum LSM GMBI, Akui Kesalahan Dihadapan Majelis Hakim PN Gedongtataan
Poto memperingati HUT TNI AL ke-77 tahun

“Sebagai negara maritim, laut selalu dan selamanya akan menjadi urat nadi kehidupan bangsa Indonesia, kelangsungan hidup bangsa ini tidak akan pernah lepas dari bagaimana cara kita memandang Lautan secara Nusantara sebagai sumber kehidupan dan cara untuk bertahan hidup,” ujar Danbrigif 4 Marinir/BS dalam amanat KASAL.

Maka lanjut Kolonel Marinir Harry Indarto, Ttdak bisa dipungkiri, kelangsungan hidup sebagai bangsa maritim membutuhkan jaminan keamanan pada jalur distribusi ekonomi lewat Laut, jaminan keamanan bernavigasi, serta jaminan atas terbukanya akses yang sama pada sumber daya alam.

“Ini membutuhkan kekuatan TNI Angkatan Laut yang memiliki daya gentar, daya manuver, dan daya pukul yang tinggi serta jangkauan operasional yang mencakup seluruh perairan yurisdiksi Indonesia,” katanya.

Baca Juga:  Kades Tri Rahayu H.Teguh Santoso, SE, Tak Ikuti Pilkades Banting Setir Wirausaha

Diketahui, untuk peserta upacara diikuti oleh pejabat utama Brigif 4 Marinir/BS, pasukan Upacara dari Kompi Markas Brigade Infanteri (Kimabrigif) 4 Marinir/BS, Yonif 7 Marinir, dan Yonif 9 Marinir.

Kegiatan tersebut diinisiasi secara terpusat dalam rangka memperingati HUT 77 TNI AL oleh Angkatan Laut, sekaligus merupakan salah satu implementasi perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono yakni tingkatkan keimanan dan ketaqwaan Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan dalam pengabdian sebagai Prajurit Jalasena yang memegang teguh nilai-nilai Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI, dan Trisila TNI AL. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here