Danlanal Lampung: Sejarah Pengabdian TNI AL Pada NKRI Terukir Dengan Tinta Emas

 Editor: M.Ismail 
Komandan Lanal Lampung Letkol Laut (P) Zul Fahmi MTr.Hanla saat menjadi Inspektur Upacara dalam rangka memperingati HUT TNI AL yang Ke-77 tahun, di Lapangan Apel Mako Lanal Caligi Jalan Raya Teluk Ratai Desa Batu Menyan Kecamatan Teluk Pandan, Pesawaran Lampung

Lampung (HO) – Sejarah pengabdian TNI Angkatan Laut pada Negara Kesatuan Republik Indonesia telah terukir dengan tinta emas sejak lahirnya bangsa ini, 77 tahun silam.

Demikian diungkapkan Komandan Lanal Lampung Letkol Laut (P) Zul Fahmi MTr.Hanla selaku Inspektur Upacara dalam rangka memperingati HUT TNI AL yang Ke-77 tahun, di Lapangan Apel Mako Lanal Caligi Jalan Raya Teluk Ratai Desa Batu Menyan Kecamatan Teluk Pandan, dengan Tema “TNI AL Yang Profesional, Modern dan Tangguh Siap Mendukung Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, Senin (12/9/2022).

Poto bersama Danlanal Lampung Letkol Laut (P) Zul Fahmi MTr.Hanla, dalam rangka memperingati HUT TNI AL yang Ke-77 tahun.

Letkol Laut (P) Zul Fahmi MTr.Hanla menerangkan, Selama itu pula, TNI Angkatan Laut selalu hadir dalam upaya menjaga kedaulatan dan mempertahankan keutuhan bangsa dan negara sebagai jaminan keselamatan dan kelangsungan hidup bangsa indonesia.

“Pendaratan Pasukan-M di selat Bali, pertempuran Laut Aru dan pertempuran Laut Cirebon adalah sebagian fakta sejarah pengabdian TNI Angkatan Laut pada negara yang kita cintai ini,” ujarnya.

Kemudian Kata Danlanal Lampung Letkol Laut (P) Zul Fahmi MTr.Hanla, Torehan tinta pengabdian ini tidak berhenti sampai di situ. saat ibukota Jakarta membara dilanda kerusuhan massa tahun 1998, TNI Angkatan Laut hadir meredam para demonstran secara humanis. ketika KM. Sinar Kudus dibajak di Somalia, TNI Angkatan Laut berlayar ribuan mil menuju Teluk Aden, sigap dan tanggap membebaskan para sandera. ketika bangsa ini dilanda wabah covid-19, TNI Angkatan Laut bergerak ke seluruh penjuru negeri mengatasi pandemi.

Baca Juga:  Tingkatkan Layanan, Puskesmas Simpur Bentuk Kelompok Kerja Wash in HCF
Danlanal Lampung Letkol Laut (P) Zul Fahmi MTr.Hanla, menjadi Inspektur upacara dalam rangka memperingati HUT TNI AL yang Ke-77 tahun.

“Itulah sebagian kecil dari bukti nyata, pengabdian tanpa pamrih TNI Angkatan Laut pada negara kepulauan terbesar di dunia yang kita banggakan ini,” ucapnya.

Sebagai negara maritim, lanjut Letkol Laut (P) Zul Fahmi MTr.Hanla, laut selalu dan selamanya akan menjadi urat nadi kehidupan bangsa indonesia. kelangsungan hidup bangsa ini tidak akan pernah lepas dari bagaimana memandang lautan nusantara sebagai sumber kehidupan dan cara untuk bertahan hidup. lautan menjadi media penting bagi akses pemerataan kesehatan, pendidikan dan perekonomian bangsa indonesia menuju kejayaan sebagai bangsa maritim.

“Di dasar lautan juga membentang kabel optik, sarana ekonomi digital masa kini, yang semakin hari semakin vital dalam kemajuan perekonomian bangsa. tidak lupa, kontribusi besar sumber daya perikanan dan pariwisata bahari serta sumber daya alam lainnya yang terkandung di bawah laut membuktikan bahwa sektor maritim memegang peran penting bagi tumbuh dan berkembangnya bangsa indonesia,” terangnya.

Dalam merespon tantangan tersebut, TNI Angkatan Laut melaksanakan pembangunan kekuatan yang diarahkan untuk meningkatkan kemampuan tempur alutsista dengan upaya modernisasi diiringi dengan pemenuhan senjata dan amunisi, kelengkapan sarana dan prasarana serta dukungan logistik terpadu. di bidang organisasi.

Dokumen Poto, bersama Danlanal Lampung Letkol Laut (P) Zul Fahmi MTr.Hanla, dalam rangka memperingati HUT TNI AL yang Ke-77 tahun.

“TNI Angkatan Laut melaksanakan validasi dan relokasi yang diarahkan untuk memperkuat kemampuan operasi terutama di pulau-pulau terluar strategis serta daerah dengan kerawanan tinggi. hal ini secara simultan juga ditujukan untuk menunjang keberhasilan pembangunan sektor kelautan nasional,” pungkasnya.

Baca Juga:  Sukseskan Pilkades, Polres Pesawaran Amankan TPS, Bupati: Ganggu Keamanan Siapkan Sel Khusus

Diketahui Upacara memperingati HUT TNI AL yang Ke-77 tahun tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan dan dihadiri oleh Gubernur Lampung Di wakili Oleh Wagub Hj. Chusnunia Chalim, S.H., M.Si., M.Kn., Ph.D, Danrem 143/Gatam diwakili oleh Kasipers Letkol Inf Rizky Budianto, Kabinda Provinsi Lampung, Brigjen Pol Harseno, S.I.K, MM, Kajati Provinsi Lampung diwakili Asintel Kajati Bapak Aliansyah. S.H,. M.H, Kapolda Lampung Di wakili Oleh Dir Polairud Polda Kombes Pol Sis Mulyono, Walikota Bandar Lampung di wakili oleh Asisten II Bapak Ir. Tole Dailami, Ka BNN Provinsi Lampung di wakili oleh Kabid Pemberantasan Kompol Hesbin, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, Bupati Pesisir Barat Di Wakili Kasat Pol Cahyadi Moeis, Bupati Lampung Barat Sekda Drs. Nukman, M.M, Danron 12/Serbu Puspenerbad Letkol Cpn Sulistiyo Yulianto, Dandim 1410/KBL di wakili Oleh Pasiter Mayor Inf Sinaga, Kapolres Pesawaran AKBP Pratomo Widodo SIK M.Si,.Han, Kapolres Lampung Barat AKBP Heri Sugeng Priyantho, S.Ik, M.H, Danlanud BNY Di wakili oleh Kadis Ops Kapten Pom Agus, Dansatbrimob Di wakili Oleh Kompol Saefulah dan Kodim 0421/Lamsel Di wakili oleh Danramil 05/Padang Cermin Kapten Inf Paino. (Red)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here