Ditjen Bimas Hindu Bersama DPP Peradah Kaltim Gelar Seminar Penguatan Moderasi Beragama

 Editor: M.Ismail 
Foto: Pembukaan Seminar Moderasi Beragama Oleh Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur

Kalimantan Timur (HO) – Ditjen Bimas Hindu Kementerian Agam RI bekerja sama dengan DPP Peradah Kalimantan Timur menggelar Seminar Penguatan Moderasi Beragama dengan tema Moderasi Beragama Perkuat Jati Diri Bangsa Guna Sukseskan Ibu Kota Negara Nusantara Maju, Minggu, (11/9/2022) di Pura Jagat Hita Karana Kota Samarinda yang diikuti oleh Pemuda Hindu Kalimantan Timur.

Kegiatan ini merupakan wujud nyata dari dukungan Peradah Kalimantan Timur untuk menyukseskan Tahun 2022 sebagai tahun toleransi yang dicanangkan oleh Menteri Agama RI, H Yaqut Cholil Qoumas.

Ketua DPP Peradah Kaltim, I Gede Astika Guna Sanjaya, ST menyampaikan bahwa Peradah hingga saat ini terus menjaga toleransi antar umat Bergama.

Baca Juga:  KPU Pesawaran Gelar CAT Ratusan PPK

“Peradah Kaltim terus merawat kebhinekaan antar umat beragama, misalkan anggota Peradah yang ikut membersihakn Gereja hingga menjaga masjid saat hari raya Idul Adha lalu,” tuturnya.

Wakil ketua DPN Peradah Indonesia, Komang Juli Agustawan, SH. M.Ikom menambahkan bahwa Moderasi Beragama amat penting bagi kita semua masyarakat Indonesia, khususnya Pemuda Hindu agar tidak terjerumus pada intoleransi.

“Pemuda Hindu harus selalu bersikap secara moderat, yakni memahami dan mengamalkan ajaran agama dengan tidak ekstrem, baik ekstrem kanan maupun ekstrem kiri,” katanya.

Acara yang dibuka langsung oleh Wakil Ketua DPRD Kalimantan TImur, Ir. H. Seno Aji, M.Si berjalan lancar dengan diisi beberapa materi mengenai Peran Pemuda untuk Terus menjaga Keharmonisan.

Baca Juga:  Sukseskan Pilkades, Polres Pesawaran Amankan TPS, Bupati: Ganggu Keamanan Siapkan Sel Khusus

Dalam Sambutannya, Seno sapaan akrabnya menyampaikan bahwa Umat Hindu Kalimantan Timur selalu dapat menempatkan diri berdampingan dengan umat beragama lain.

“Umat Hindu selalu indah dan mempesona dengan seni dan keakrabannya, mengingatkan saya ketika dahulu tinggal beberapa tahun di Bali,” tutupnya.

Kegiatan juga dihadiri oleh Pembimas Hindu Kanwil Kemenag Kaltim, PHDI, WHDI, ICHI, KMHDI, Pasraman Widya Sasana, Yayasan Pesanggrahan Pertiwi Nanda, Peradah Se-Kalimantan Timur dan undangan lainnya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here