Prodi Ners Fakultas Kesehatan Umitra Peringati HLUN Ke-26, Berikan Pelayanan Kesehatan

 Editor: M.Ismail 

Lampung Selatan (HO) – Dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 26 tahun 2022, sebanyak 28 orang mahasiswa Praktik Profesi Ners Stase Gerontik  periode  gelombang 3 Prodi Ners Fakultas Kesehatan Universitas Mitra Indonesia (Umitra) Bandar Lampung, mengadakan acara Pendidikan dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis, Terapi Aktivitas Kelompok (TAK) Kognitif serta Senam Bersama.

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan di UPTD Pelayanan Sosial Lanjut Usia Tresna Werdha Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan diikuti oleh 65 orang  lanjut usia (lansia), Selasa (7/6) sampai hari Jumat (10/6/2022).

Ketua Pelaksana Kegiatan Eka Nurjanah, S.Kep, menerangkan bahwa dalam kegiatan tersebut Mahasiswa Praktik Profesi Ners UMITRA Bekerja sama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT)  Lampung dan Entrasol Kalbe.

“Selain  menggelar Kegiatan Pendidikan dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis, Terapi Aktivitas Kelompok (TAK) kognitif serta senam, Juga Membagikan  Makanan seperti Bubur Ayam, Nasi Kotak, dan Susu  Entrasol untuk Lansia yang ada di Panti Tresna Werdha Natar,” jelasnya.

Eka Nurjanah, S.Kep mengatakan, tujuan kegiatan peringatan HLUN adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan agar lansia yang ada di panti tresna werdha ini bisa sehat, mandiri dan bahagia.

Baca Juga:  Kajati Lampung Resmikan Rumah Restorative Justice dan Badan Rehabilitasi Narkotika Adhyaksa Lamtim

Sementara itu, Drs, Maman Suparman, MM, sangat mengapresiasi kegiatan peringatan HLUN yang telah di selenggarakan oleh mahasiswa Praktik Profesi Ners Umitra.

“Semoga kegiatan ini bisa memberikan dampak positif bagi lansia yang ada di panti walaupun jauh dari keluarga, selain itu juga harapannya kerjasama dengan Prodi Ners Umitra tetap berlanjut seperti perguruan tinggi lainnya untuk berbagi ilmu dan mengaplikasikannya di Panti Tresna Werdha Natar,” ujarnya.

Begitu juga dengan Kaprodi Ners.F Kes UMITRA Bandar Lampung, Budi Antoro, S.Kep.,Ns.,M.Kep, dalam sambutannya menyampaikan bahwa walaupun HLUN sudah terlewat tanggal 29 Mei 2022, Prodi Ners Umitra melalui mahasiswa Profesi  Ners, tetap bisa menyelenggarakan kegiatan  peringatan HLUN dengan baik.

“Lansia mengalami banyak penurunan segala faktor baik faktor fisiologis sampai faktor sosial, kegiatan yang telah dilaksanakan dapat memberikan manfaat yang banyak untuk lansia yang ada di Panti Tresna Werdha Natar,” harapnya.

Dia juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mensupport dan ikut mensukseskan kegiatan tersebut, tanpa tidak terlepas dari peran pembimbing klinik Panti Tresna Werdha Natar dan pembimbing akademik, Khususnya ACT Lampung dan Entrasol Kalbe yang telah melakukan kerja sama dalam mendukung kegiatan yang telah di ajukan oleh mahasiswa.

Baca Juga:  Dukung Ketahanan Pangan Dandim 0421/LS Cek Perkembangan Tanaman Jagung

“Semoga dengan hadirnya mahasiswa kami,  lansia yang ada di Panti Tresna Werdha Natar derajat kesehatannya bisa meningkat,” katanya.

Ditempat yang sama, Pembimbing akademik Miranti Dea Dora, S.Kep,Ns,M.Kep mengatakan bahwa kurang lebih satu minggu mahasiswa Praktik Profesi Ners periode gelombang 3 memberikan pelayanan kesehatan di Panti Tresna Werdha Natar.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini mahasiswa  dapat mengaplikasikan ilmu  keperawatan gerontik ke masyarakat dan saat terjun ke pekerjaannya nanti, harapannya mahasiswa sudah memiliki bekal pemahaman tentang keperawatan gerontik,” tutur Miranti Dea Dora, S.Kep,Ns,M.Kep.

Salah satu lansia Ali Hasan (67) juga  mengucapkan terima kasih kepada seluruh adek-adek mahasiswa yang telah melaksanakan kegiatan di panti ini.

“Saya sangat senang sekali diperiksa kesehatannya, diajak terapi bersama sama lansia yang lain,” ucapnya.

Dalam pantauan Handalonline.com kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here