Tingkatkan Peran Masyarakat, UPT Puskesmas Rawat Inap Simpur Gelar MMK di Wilayah Kerja

 Editor: M.Ismail 
Tingkatkan Peran Masyarakat, UPT Puskesmas Rawat Inap Simpur Gelar MMK di Wilayah Kerja

Bandar Lampung (HO) – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Rawat Inap Simpur Kota Bandar Lampung telah melaksanakan Musyawarah Masyarakat Kelurahan (MMK) di wilayah kerja Puskesmas yakni Kelurahan Pasir Gintung, Kaliawi Persada dan Kelapa Tiga yang berlangsung sejak Selasa 10 Januari 2023 sampai dengan Kamis 12 Januari 2023.

Kepala UPT Puskesmas Rawat Inap Simpur, dr. Liskha Sari Sandiaty, M.Kes menyampaikan MMK merupakan agenda rutin tahunan Puskesmas Rawat Inap Simpur untuk meningkatkan peran serta masyarakat guna memberikan solusi pemecahan masalah bidang kesehatan berdasarkan hasil Survey Mawas Diri ( SMD) di kelurahan masing masing.

“Sesuai dengan Permenkes Nomor 44 Tahun 2016 tentang Manajemen Puskesmas bahwa SMD dan MMK sebagai acuan dalam penyusunan Rencana Usulan Kegiatan (RUK). Hasil dari MMK akan dibahas di Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan,” jelasnya, Kamis (12/1/2023).

“Harapan dengan adanya MMK ini kami Puskesmas Rawat Inap Simpur bisa menjadi fasilitator membantu dalam menentukan prioritas dalam identifikasi permasalahan kesehatan dan berdiskusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut secara bersama sama,” tambahnya.

Baca Juga:  Bupati Pesawaran Bawa Sulam Jelujur Sampai Ke New York

Begitu juga dikatakan Murti Wahyuni, STr. Keb selaku Penanggung Jawab Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) Essensial, tujuan kegiatan MMK ini untuk pengkajian, memprioritaskan masalah dan membuat kesepakatan rencana tindak lanjut antara masyarakat, petugas dan lintas sektor terkait.

“Permasalahan yang muncul di 3 kelurahan wilayah kerja Puskesmas Rawat Inap Simpur dari 100 kk yang disebar kuesioner SMD terdapat 50 % lansia tidak mengikuti posyandu lansia dan 26 % KK masih membuang sampah ke sungai,” ujarnya.

Maka lanjutnya, membutuhkan rencana tindak lanjut dalam mengatasi masalah tersebut yang telah dibahas di kegiatan MMK.

“Kegiatan ini dihadiri kurang lebih 45 peserta yang terdiri dari Babinsa, Babinkamtibmas, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Seluruh RT, Kaling, Kader, Tim penggerak PKK, Tim pendamping keluarga, Petugas Poskeskel di Kelurahan Kelapa Tiga, Kaliawi Persada dan Pasir Gintung,” sebutnya.

Sementara itu, Plt Lurah Kelapa Tiga M. Eri Arifandi, SE, MM mengatakan dengan adanya kegiatan MMK ini harapannya warga Kelurahan Kelapa Tiga bisa terus berkerja sama dan berkoordinasi baik dengan pihak Puskesmas Rawat Inap Simpur.

Baca Juga:  JAM-Pidmil Lakukan Kunjungan, Panglima TNI: Koordinasi Dengan Penyidik Polisi Militer

“Dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan warga agar beberapa indikator penting yang menjadi permasalahan di tahun 2022 bisa mengalami peningkatan dan perbaikan angka capaian di tahun ini 2023,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Lurah Kaliawi Persada Jumran Ismail mengatakan walaupun dirinya baru saja dilantik menjadi lurah, dirinya akan mendukung dan ikut serta apapun hasil dari kegiatan MMK ini agar warga di kelurahan Kaliawi Persada mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimal dari Puskesmas Rawat Inap Simpur.

Ditambahkan Lurah Pasir Gintung Mashuri, S.Kom mengucapkan terima kasih kepada Petugas di Puskesmas Rawat Inap Simpur yang senantiasa melayani dengan baik warga yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

“Kami akan meningkatkan kerjasama baik itu dari Kader, RT, Kaling untuk pelaksanaan posyandu bayi balita, remaja maupun lansia agar menghimbau warga untuk mengikuti posyandu tersebut,” pungkasnya. (Mira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here