Yesi Dwi Jayanti Kader KNPI Pesawaran Wakili PPAP Provinsi Lampung

 Editor: M.Ismail 
Yesi Dwi Jayanti  Pemudi asal Kecamatan kedondong

Pesawaran (HO) – Kader Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Pesawaran Yesi Dwi Jayanti  Pemudi asal Kecamatan kedondong, berhasil mewakili Pertukaran Pemuda Antar Provinsi (PPAP) Tahun 2022 Provinsi Lampung.

Gadis kelahiran 1997 ini sebelumnya bersaing dengan 16 pemuda pemudi jambore tahun 2020 Lalu. akhir nya mewakili provinsi Lampung dalam pertukaran pemuda antar Provinsi yang akan di berangkatkan tanggal 2 Juli 2022 mendatang.

Ketua KNPI Pesawaran Toga Amarantaka mengatakan PPAP merupakan kegiatan kepemudaan berbasis kebudayaan dan pengabdian masyarakat.

“Dimana peran pemuda di era digitalisasi sangat lah penting dalam membantu perintah mengembangkan budaya dan turut serta membantu kemasyarakatan,” jelasnya kepada Handalonline.com, Rabu malam, (22/6/2022).

Dirinya sangat bersyukur dengan ada nya kader KNPI penawaran bisa mewakili Provinsi Lampung dalam pertukaran antar pemuda provinsi yang akan di berangkat tanggal 2 Juli yang akan datang.

“Saya berharap kepada Yesi Dwi Jayanti bisa maksimal mambantu program perintah dalam kegiatan kebudayaan dan pengabdian kemasyakatan selama 30 hari  di manukwari Papua, yang pasti tetap jaga kesehatan selama berada di Papua dan kembali dengan sehat kembali ke bumi Andan Jejama,” pungkasnya.

Baca Juga:  Sadar Pentingnya Pendidikan, WBP Lapas Perempuan Lampung Ikuti Ujian Sekolah

Sementara itu, saat diwawancarai, Yesi yang juga Wakil Sekretaris bidang pemberdayaan perempuan dan anak  DPD KNPI Kabupaten Pesawaran menerangkan selama berada di Papua Barat dirinya akan mengenalkan Pesawaran dan Lampung kepada masyarakat luas.

“Insyaallah selama saya disana saya akan mengenalkan Pesawaran dan Lampung kepada Masyarakat Papua Barat, baik dari segi kebudayaan, pariwisata dan kearifan lokalnya,” jelas Yesi.

Selain itu Yesi juga menjelaskan rencana Kegiatan yang akan dilakukan di daerah yang dituju untuk kegiatan pertukaran pemuda antar provinsi antara lain.

1. CLEAN UP WORLD CAMPAIGN
Adanya kegiatan clean up world campaign bisa membantu  anak anak semakin paham dan menyadari pentingnya menjaga kebersihan lingkungan untuk masa depan. Tidak hanya itu, mereka juga dapat memberikan kontribusi bagi lingkungan terdekat mereka dalam menyampaikan pentingnya nilai kebersihan.

2. YOUTH INSPIRATION
Bersama pemuda –pemudi terpilih terbaik se provinsi yang ada di indonesia nanti nya akan akan memberikan( kelas inspirasi ) motivasi serta inovasi juga pengalaman-pengalaman kepada mereka dalam menggapai mimpi kepada anak – anak di sekolah , pemuda pemudi yang ada di tempat . Hal ini diharapkan nantinya dapat menginspirasi anak anak serta pemuda untuk tumbuh mejadi anak muda/pemuda yang  mau
memperjuangkan mimpi- mimpinya.

Baca Juga:  Sambut HUT RI Ke-77, Desa Durian Benahi Lapangan Upacara

3. PROGRAM 1000 BUKU
Program seribu buku untuk meningkatkan minat baca anak – anak, pemuda, masyarakat yang nantinya dengan Adanya ketersediaan buku yang memadai di harapkan memacu minat masyarakat untuk terbiasa menjadi masyarakat yang  gemar membaca.

“Selain itu, Saya juga akan mengadakan Sosialisasi PHBS (penerapan pola hidup bersih dan sehat ), Program ini nantinya akan akan mengajari pentingnya hidup yang bersih dan sehat, Sosialisasi mengenai  STUNTING, mengenalkan kesenian dan  budaya lampung, penyuluhan alternatif olahan produk lokal serta pengembangan potensi lokal, penyuluhan di bidang lingkungan seperti (monitoring mangrove, serta bahaya sampah dan membuat bank sampah,” terangnya.

Program kerja Yesi setelah kepulangan dari Papua memberikan pendidikan kepada teman-teman yang putus sekolah dengan bekerja sama dengan para volunteer.

“Memberikan pendidikan kepada teman-teman yang putus sekolah dengan bekerja sama dengan para volunteer yang ada di provinsi Lampung maupun luar provinsi Lampung dan berkerja sama dengan para komunitas,” tutupnya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here