Antisipasi Omicron, Pemkab Pesawaran Bersama BIN Lampung Gelar Vaksinasi

 Editor: M.Ismail 

Lampung (HO) – Pemerintah Kabupaten Pesawaran bersama dengan Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Lampung, melaksanakan kegiatan vaksinasi dosis satu, dua dan booster di Desa Suka Maju Kecamatan Kedondong.

Kepala Binda Lampung Iwan Satriawan mengatakan, kegiatan ini dilakukan secara serentak kabupaten/kota se-Provinsi Lampung, dalam mengantisipasi varian baru Omicron BA.4 dan BA.5.

“Kegiatan vaksinasi yang kita lakukan ini diperuntukkan untuk semua kategori usia masyarakat, mulai anak-anak usia 6 sampai 11 Tahun, remaja, dewasa dan lansia. Hal ini sesuai dengan arahan pak Presiden RI Joko Widodo agar BIN terus melakukan percepatan vaksinasi pada tahun 2022 dengan target seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya, Rabu (22/6/2022).

Dirinya mengatakan, untuk Provinsi Lampung Binda Lampung menargetkan sejuta lebih vaksinasi akan diberikan kepada masyarakat di 15 kabupaten/kota Se-Provinsi Lampung selama tahun 2022 ini.

“Saat ini, sudah muncul varian baru dari covid-19 yakni Omicron BA.4 dan BA.5 di Indonesia, walaupun di Provinsi Lampung masih belum ditemukan, pelaksanaan vaksinasi ini sebagai upaya dalam mengantisipasi penyebaran tersebut,” ujar dia.

Meskipun saat ini, lanjutnya, pemerintah telah melonggarkan penggunaan masker saat berada di areal terbuka yang tidak ramai, tetapi vaksinasi terus digencarkan agar kualitas kekebalan masyarakat semakin meningkat.

Baca Juga:  HUT IKWI Pesawaran Gelar Baksos dan Sosialisasi Cegah Stunting, Nanda Indira Dendi Ucapkan Apresiasi

“Saat ini, kita masih mengejar capaian vaksinasi ketiga, sehingga proses transisi pandemi ke endemi dapat berjalan sesuai dengan harapan sehingga masyarakat dapat beraktivitas dengan lebih nyaman dan aman di masa kehidupan semakin mendekati normal saat ini,” kata dia.

Sementara itu Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan, dalam upaya mengejar vaksinasi di tengah masyarakat, diperlukannya kerja sama dari semua pihak, salah satunya seperti kegiatan Binda Lampung ini.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Binda Lampung yang telah menyelenggarakan vaksin untuk masyarakat di Kabupaten Pesawaran, tentunya kegiatan seperti ini kami mendukung penuh langkah Binda Lampung dalam pelaksanaan vaksinasi serentak di Provinsi Lampung, khususnya di Bumi Andan Jejama,” katanya.

Pada kesempatan ini juga, Dendi meminta kepada seluruh elemen masyarakat, untuk mendukung upaya percepatan capaian vaksinasi booster di Pesawaran.

“Untuk seluruh pemerintah desa yang ada, agar selalu beri sosialisasi kepada masyarakat terkait pentingnya vaksinasi ini, dan sebisa mungkin memfasilitasi masyarakat untuk datang ke puskesmas-puskesmas dan lokasi yang memberikan pelayanan vaksinasi disekitar tempat tinggalnya,” kata dia.

Baca Juga:  Tingkatkan Produksi, PTPN VII Unit Pagar Alam Terus Berinovasi

Diketahui di hari yang sama, guna percepatan Vaksinasi Booster, BIN Bekerjasama dengan KNPI menggelar Vaksinasi Masal di Kota Bandar Lampung.

Wakil Ketua KNPI Bandar Lampung, Fitrah Abung mengatakan, kegiatan vaksinasi ini adalah hari kedua setelah kemarin juga melaksanakan ditempat yang sama, jadi salah satu kegiatan positip pemuda di Bandar Lampung. Utamanya untuk membantu pemerintah, dalam mensukseskan vaksinasi di Indonesia, khususnya di Bandar Lampung.

“Tujuan kegiatan ini, agar masyarakat bisa mendapatkan vaksinasi secara merata. Dengan adanya vaksinasi ini, kami apresiasi semua pihak, yang mendukung kelancaran diharapkan kedepannya kegiatan pemuda bisa lebih banyak yang positip dan bermanfaat untuk masyarakat.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Lampung Iqbal Ardiansyah, juga turut mengapresiasi dengan diadakannya giat vaksin yang digelar KNPI Bandar Lampung. “Semoga kegiatan positif yang diselenggarakan pemuda bisa terus terlaksana,” ujarnya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here