Ratusan Masyarakat Pekon Podosari Gelar Merti Desa yang Ke-95

 Editor: M.Ismail 

Pringsewu (HO) – Sebagai bentuk rasa syukur atas rezeki yang diberikan tuhan, ratusan masyarakat Pekon Podosari Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu menggelar Merti Desa atau upacara bersih desa dan pementasan wayang kulit, di balai pekon setempat, Sabtu (18/6/2022).

Demikian dikatakan Rasmin Kepala Pekon Podosari, mengatakan tujuan kegiatan tersebut sebagai bentuk syukur setelah musim panen, dan kali ini masyarakat Pekon Podosari memperingati Merti Desa yang ke-95 tahun.

“Kegiatan ini sudah turun-menurun dan sudah menjadi tradisi Semoga kedepan nya kegiatan ini dapat terjaga dan di pertahankan,” kata Kakon Rasmin kepada media Handalonline.com, Minggu (19/6/2020).

Kepala Pekon Rasmin juga menyampaikan bahwa kegiatan pagelaran wayang kulit juga digelar dalam rangka mewujudkan rasa syukur masyarakat Pekon Podosari Khususnya atas hasil panen padi tahun ini yang dinilai bisa mengangkat perekonomian warga.

Baca Juga:  Kajati Lampung Resmikan Rumah Restorative Justice dan Badan Rehabilitasi Narkotika Adhyaksa Lamtim

“Saya juga berharap kepada masyarkat saya tetap kita pertahankan kekompakan serta saling bergandeng tangan untuk melaksanakan dan membantu pemerintah Pekon dan saling bersinergi untuk tercipta nya pekon yang makmur dan maju,” pungkasnya.

Begitu juga dikatakan Abidin Ayub Kepala Pekon Margakaya yang juga selaku Asosiasi Perangkat Desa (Apdesi) Kabupaten Pringsewu, sangat mengapresiasi acara-acara seperti Merti Desa tersebut, memang harus terus dilestarikan Dengan begitu diharapkan generasi penerus tidak asing dan kehilangan budaya lokal mereka.

“Saya sangat bangga bisa diundang dalam acara-acara seperti ini, kegiatan seperti ini adalah kegiatan budaya yang harus dijaga dan dilestarikan, agar ke depan generasi berikutnya bisa mengerti dan tidak kehilangan budaya lokal,” ujar ketua Apdesi kabupaten ini.

Baca Juga:  Dendi Ramadhona Boyong Produk Unggulan UMKM, Ramaikan Expo BBKTN Jateng

Dalam pantauan media ini, terlihat hadir juga Anggota DPR RI Ir. Endro Suswantoro Yahman, M.Sc, Camat Pringsewu, Moudy Ary Nazolla, Perwakilan Polsek Pringsewu dan Koramil Pringsewu, Apdesi Kabupaten Pringsewu, Abidin Ayub seluruh Kepala Pekon, Kecamatan Pringsewu dan Ketua DPD- BAIN HAM RI Kabupaten Pringsewu Prayitno bersama Anggota, LSM GMBI dan Jajaran, Ketua KSPSI Kabupaten Pringsewu Syamsi Ahmadi. Serta warga masyarakat dan Apartur Pekon Podosari dan tetap menerapkan Protokol kesehatan. (Indra Jaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here