Pogram Ketahanan Pangan Pemdes Harapan Jaya Bagikan Bibit Kepada Warga

 Editor: M.Ismail 

Pesawaran (HO) – Pemerintah Desa Harapan Jaya Kecamatan Way Ratai Kabupaten Pesawaran Pada tahun Anggaran 2022 tahap Pertama merealisasikan program ketahanan pangan hewani program ini merupakan implentasi Peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 190 Tahun 2021. Salah satu poin yang tertera dalam kedua regulasi tersebut adalah pemerintah desa berkewajiban menganggarkan minimal 20 persen dari total Anggaran dana Desa (DD).

Demikian di katakan kepala Desa Harapan Jaya Susalit cokro Aminoto, salah satu implementasi program ketahanan pangan dan hewani di Desa Harapan Jaya yaitu pembagian bibit Alpukat kepada masyarakat penanaman bibit pohon Alpukat.

“Kemudian akan di lakukan Penanaman bibit pohon Alpukat dilakukan di lahan milik warga Desa kami,” jelasnya kepada Handalonline.com Sabtu (30/4/2022).

Baca Juga:  WHO Laksanakan Field Work cPIE Ke Puskesmas Rawat Inap Simpur

Perlu di ketahui lanjutnya, Setelah Dana Desa cair Tahap pertama desa harapan jaya merealisasikan program ketahanan pangan berupa penyaluran bibit Alpukat kepada 200 kepala keluarga penerima nantinya secara bertahap semoga sebanyak 720 kepala kelurga yang ada di Desa Kita akan kebagian semua.

“Program ketahanan pangan diprioritaskan untuk pembelian bibit buah buahan karena kontur alam wilayah desa harapan jaya cocok ditanami buah-buahan seperti durian Alpukat atau pun kelengkeng,” ujarnya.

Kades melanjutkan untuk sektor hewani desa akan membagikan bibit ikan nila kepada masyarakat pemilik kolam yang ada di desa kemudian Sebanyak 30 peternak kambing juga akan dikasih modal kambing dari pemdes harapan jaya ada juga nanti nya pemberian bibit ikan dan kambing akan realisasikan pada termin kedua.

Baca Juga:  Guna Keselamatan Anggota, Kodim 0421/LS Gelar Apel Pemeriksaan kendaraan

“Menurut saya penanaman bibit Alpukat di lahan masyarakat dimaksudkan agar pemeliharaan bibit alpukat menjadi bagian dari tanggung jawab swadaya masyarakat. Pemilihan Alpukat karena memiliki salah satu keunggulan kandungan vitamin dalam rangka pengentasan Stunting jangka panjang,” terang Kades Susalit Cokro Aminoto.

Kades juga mengatakan Buah Alpukat memiliki kandungan vitamin yang sangat bermanfaat bagi pengentasan Stunting. Dia berharap buah Alpukat yang dihasilkan nanti dapat dijadikan sebagai bahan pangan untuk masyarakat.

“Insyallah, semoga bibit Alpukat yang kami bagikan kepada masyarkat dan akan segera di tanam dapat berbuah di kemudian hari sehingga dapat di rasakan manfaat nya oleh masyarakat,” pungkasnya. (Indra Jaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here