Jumat, Oktober 25, 2024

Libur Lebaran, PAD Sektor Pariwisata Pesawaran Meningkat, Per 1 Mei 100 Juta Lebih

Pesawaran (HO) – Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran Anggun Saputra menyebut, ada peningkatan jumlah wisatawan yang datang ke sejumlah Destinasi Wisata selama libur Lebaran 2023 ini.

Meski begitu, ia melihat masih banyak pelaku wisata yang tidak mengindahkan aturan yang ada, ditambah pelaku usaha yang diduga kurang update terkait data pengunjung.

“Jika dibandingkan tahun lalu, jumlah pengunjung yang datang ke pesawaran mengalami peningkatan, itu berdasarkan pendapatan disektor pariwisata,” terang Anggun saat dihubungi media ini, Senin (1/5/2023).

Anggun menambahkan, peningkatan pengunjung dari 24- 30 April 2023 sebanyak 19.635 pengunjung, jadi hingga per 1 Mei total Pendapatan Asli Daerah (PAD) disektor pariwisata senilai Rp.100. 000.000 lebih.

“Jadi, itukan ada 22 Destinasi wisata, ada juga dermaga 1-4, kalau untuk dermaga kami tidak jaga lagi karena sudah kita serahkan kepada dinas perhubungan, jadi kami jaga hanya di titik titik destinasi saja dengan dibekali QRIS Barkode,” ungkap Kadis Anggun.

Baca Juga:  Berdasarkan Asumsi, KPU Pesawaran Loloskan Dugaan Ijazah Bodong Calon Bupati

Menurut Anggun, sesuai dengan Peraturan Bupati Nomor 64 tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Kepariwisataan, dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran menggunakan QRIS Kunjungan Wisatawan agar terhubung dengan SAPDA di http://sapda.pesawarankab.go.id/dashboard dengan kunjungan wisatawan sejumlah 10.525 orang atau 10.525% dari target kunjungan Liburan Lebaran.

“Untuk target kunjungan wisatawan dalam satu tahun 5 miliar x 5000 : 1 juta Kunjungan Wisatawan/tahun, sedangkan target kunjungan Liburan Lebaran 2023 1 juta x 10% : 100.ribu kunjungan wisatawan/22 Destinasi Wisata Unggulan: dengan target, 4.545/0bjek wisata,” jelas Anggun.

Masih dengan Anggun, berbicara antusias pengunjung wisatawan dalam liburan lebaran tahun ini sangat tinggi untuk berlibur di destinasi wisata yang ada di Kabupaten Pesawaran.

Baca Juga:  Danbrigif 4 Marinir/BS Perkuat Sinergitas Menuju Lampung Berjaya, Gelar Olahraga Bersama

“Karena,target Kunjungan wisatawan per tahun 1 juta Kunjungan dan target kunjungan Liburan Lebaran 100ribu pengunjung. Melihat trend dari QRIS Kunjungan Liburan Lebaran hanya mencapai 10.5% dan masih banyak Destinasi Wisata Unggulan yang tidak menggunakan QRIS maupun laporan Data Kunjungan Wisatawan tahun ini,” ujarnya.

Untuk itu Anggun berharap agar semua sektor, terutama pelaku usaha untuk terus mengupdate data pengunjung guna mendukung peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) pemerintah kabupaten pesawaran.

“Apakah ada yang mempengaruhi dari tercapainya atau tidak tercapainya pada sepekan libur lebaran untuk berwisata di Pesawaran? Sangat banyak pengaruhnya terhadap target kunjungan wisatawan karena masih belum adanya dukungan dari semua sektor pariwisata yang ada di Kabupaten Pesawaran,” pungkasnya. (Red)

Berita Populer

Rawan Kecelakaan Paguyuban Trans Peduli Ganti Lampu Penerangan Sebanyak 8 Titik

Lampung Selatan (HO) - Demi kepentingan bersama masyarakat paguyuban Trans peduli Desa Trans Tanjungan Kecamatan Katibung Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung melakukan pergantian lampu...

Dana Desa Pekon Sukoharum Tahap 3 Anggaran 2023 dan 2024. Diduga Jadi Ajang Korupsi

Pringsewu (HO) - Pemerintah Pekon Sukoharum Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung diduga simpankan anggaran Dana Desa (DD) tahun anggaran 2023 tahap 3 dan...