Pariwisata dan UMKM Penting Dalam Pengembangan Ekonomi NTB

 Editor: M.Ismail 

Jakarta (HO) – Peran dan kesadaran menjadi faktor penting dalam menunjang kemajuan daerah. Demikian salah satu butir penting dari diskusi Peran Pemuda untuk Pembangunan Daerah yang diselenggarakan di Jakarta, Minggu, (22/1/2023).

Diskusi berlangsung di Garden Cafe Jakarta Selatan ini menghadirkan tokoh pemuda dan aktivis NTB Karman BM, Ketua Umum DPP Musyawarah Masyarakat Bima di Jabodetabek Dr Salahuddin Gaffar,.M.H dan Peneliti INDEF Mirah Midadan.

Salah satu Tokoh pemuda dan aktivis NTB, menuturkan, Mengingat peran penting unsur pemuda dalam menunjang pembangunan daerah, maka kelompok harus memiliki kecerdasan, motivasi, skill atau profesi untuk ikut serta dalam pembangunan daerahnya,

Baca Juga:  Tokoh Masyarakat Dorong Polres Pesawaran Periksa Kades Sinarjati Dugaan Korupsi DD

“Pemuda harus memiliki ide dan gagasan serta upaya untuk mewujudkan gagasan tersebut sehingga memberi peran dalam pembangunan daerah,” ujar Karman BM.

Sementara itu Salahudin Gaffar menilai peran penting pemuda adalah pada aspek inovasi terutama inovasi di bidang teknologi untuk menunjang pengembangan daerah.

Ekonom Mirah Midadan memaparkan potensi NTB sebagai daerah yang memiliki kekayaan sumber daya terutama di bidan pariwisata.

Baca Juga:  Terbukti Perkara Kawasan Berikat, Leslie Girianza Hermawan di Vonis 13 Tahun Penjara

Mirah menyebut statistik ekonomi di kawasan NTB selama kurun waktu 2022 mengalami kenaikan yang signifikan.

Peneliti pertumbuhan ekonomi di
Kementerian Perindustrian dan Perdagangan ini menyebut sektor pariwisata dapat menggenjot pertumbuhan ekonomi di NTB.

Sektor pariwisata menurut Mirah akan banyak memdatangkan orang dari luar daerah sehingga akan berefek terhadap pertumbuhan ekonomi di NTB khususnya UMKM. Diskusi ini di Moderator oleh Dedi Ermasyah. (Fajar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here