Tingkatkan Literasi Baca, Dispursip Pesawaran Bangun Gedung Perpustakaan

 Editor: M.Ismail 
Kepala Dispursip Kabupaten Pesawaran Halimah Zakaria sebut Tingkatkan Literasi Baca, Dispursip Pesawaran Bangun Gedung Perpustakaan

Pesawaran (HO) – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispursip) Kabupaten Pesawaran akan bangun Gedung Perpustakaan Daerah guna meningkatkan literasi membaca bagi masyarakat di Bumi Andan Jejama.

Hal tersebut dikemukakan Kepala Dispursip Pesawaran Halimah Zakaria saat diwawancarai awak media diruang kerjanya, Kamis (19/1/2023).

Dirinya mengatakan, pihaknya akan segera membangun Gedung Perpustakaan Daerah guna menyokong kembali minat baca masyarakat di Kabupaten Pesawaran yang saat ini mulai menurun.

“Sudah mulai progres nya, untuk saat ini sedang menyelesaikan administrasi. Nanti kalau administrasi sudah selesai, maka akan dilanjutkan dengan tim kita yang dibawah,” ujarnya.

Dijelaskan, nantinya gedung tersebut tidak hanya diisi oleh sekumpulan buku-buku saja, melainkan juga dengan berbagai fasilitas lainnya, seperti mesin komputer hingga taman bermain anak-anak.

Baca Juga:  Tokoh Masyarakat Dorong Polres Pesawaran Periksa Kades Sinarjati Dugaan Korupsi DD

“Karena memang kita mendapatkan bantuan Dana DAK dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) dengan nominal Rp. 11 Milyar. Yang mana rinciannya, yakni Rp. 10 Milyar untuk gedung dan Rp. 1 Milyar untuk peralatan. Nah salah satunya untuk komputer dan pembuatan taman bermain tersebut,” jelasnya.

Menurutnya, hal itu perlu dilakukan mengingat saat ini literasi membaca masyarakat di Kabupaten Pesawaran sedang tidak baik-baik saja. Terlebih, sekarang sudah jarang ditemui masyarakat yang membaca buku, baik di ruang terbuka maupun ruang tertutup.

Baca Juga:  Penyebar Voice Note, Bakal di Laporkan Ketua Apdesi Kabupaten Pringsewu

“Memang saat ini literasi membaca masyarakat sedang turun, karena itu kami (Dispursip) sudah ada program kedepan untuk kembali meningkatkan literasi membaca tersebut, salah satunya dengan pembangunan Gedung Perpustakaan Daerah tersebut,” kata dia.

Oleh karena itu, dirinya berharap kedepan dengan adanya gedung baru tersebut, dapat mewujudkan cita-cita Dispursip Pesawaran yakni meningkatkan Literasi membaca bagi masyarakat Bumi Andan Jejama.

“Karena itu, saya mohon doanya untuk rekan-rekan semua agar turut mensupport dan mendukung program tersebut, sehingga kedepannya apa yang kita cita-citakan bersama dapat terwujudkan,” pungkasnya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here