Bangun Mekanisme, Pemkab Pringsewu Launching e-SAKIP

 Editor: M.Ismail 
Pj.Bupati Pringsewu Adi Erlansyah saat me-launching e-SAKIP

Pringsewu (HO) – Pemerintah Kabupaten Pringsewu me-launching Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah berbasis Elektronik (e-SAKIP). Aplikasi ini dibangun hasil kerjasama Pemkab Pringsewu dengan Universitas Aisyah Pringsewu (UAP).

Pj.Bupati Pringsewu Adi Erlansyah saat me-launching e-SAKIP mengatakan salahsatu rekomendasi yang diberikan Kementerian PAN-RB kepada Pemkab Pringsewu adalah membangun mekanisme pengumpulan dan pemantauan kinerja yang dapat di akses dengan lebih mudah.

Merespon surat tersebut, Pemkab Pringsewu melalui Sekretariat Daerah bekerja sama dengan Universitas Aisyah Pringsewu melalui MoU No.PKS/5/U.01/2022 dan No. 2345/UAP.DK.02/DI/HM/II/2022 tentang Aplikasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Berbasis Elektronik di Kabupaten Pringsewu.

Baca Juga:  Bupati Pesawaran Bawa Sulam Jelujur Sampai Ke New York
Bangun Mekanisme, Pemkab Pringsewu Launching e-SAKIP

“Sehingga harapan kedepan program ini dapat membangun sebuah aplikasi yang lebih baik dan membawa manfaat sebesar-besarnya untuk masyarakat di Kabupaten Pringsewu,” harapnya, di Aula Utama pemkab setempat, Senin (28/11/2022).

Lebih lanjut diungkapkan Adi Erlansyah didampingi Asisten Administrasi Umum Hasan Basri, S.E., M.M. dan Tim Inovasi UAP Zulkifli, S.T., M.Kom. pada kegiatan yang dirangkai dengan sosialisasi e-SAKIP, bahwa pada tahun 2021 Pemkab Pringsewu mendapatkan predikat B dengan nilai 65,23. Nilai menurutnya bukanlah tujuan akhir, namun yang lebih penting adalah bagaimana dapat mewujudkan birokrasi yang bersih, akuntabel dan mampu memberikan pelayanan publik secara prima kepada seluruh masyarakat Kabupaten Pringsewu.

Baca Juga:  Limbah PT KASA, Akibatkan Wabah Penyakit, Miris Bertahun-tahun Petani Gagal Panen

Pj.Bupati Pringsewu berharap seluruh perangkat daerah di Kabupaten Pringsewu dapat memanfaatkan aplikasi ini dengan maksimal sehingga informasi kinerja yang dihasilkan mendapatkan hasil yang terbaik untuk perbaikan kinerja yang lebih berkualitas.

“Demi terwujudnya prinsip 100-0-100, yaitu 100% benar dalam perencanaan, 0% kesalahan dan 100% benar dalam laporan pertanggungjawaban,” ujarnya.

Sementara itu, Kabag Organisasi Setdakab Pringsewu Adam Erkhansyah mengatakan sosialisasi e-SAKIP diikuti 80 peserta yang terdiri dari Kasubbag Perencanaan dan pejabat fungsional di lingkungan Pemkab Pringsewu dengan narasumber dari Universitas Aisyah Pringsewu. (Rls/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here