Minggu, Juni 16, 2024

Musrenbangdes Tahun 2023 Desa Sidowaluyo Sukses Digelar

Lampung Selatan (HO) – Guna menyusun dan penetapan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun anggaran 2023, Desa Sidowaluyo Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) di balai desa setempat, Jumat (18/11/2022).

Kepala Desa Sidowaluyo Haroni mengatakan musyawarah Rencana Pembangunan Desa sebagai forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) tahun anggaran yang direncanakan untuk tahun 2023 mendatang.

“Ya tadi kita sudah menggelar kegiatan Musrenbangdes penempatan Musdes tahun 2022 untuk pembangunan tahun 2023 dan penetapan usulan untuk pembangunan pada tahun 2024 yang bersumberkan dana APBD kita mengaju kepada Kemendes nomor 8 Tahun 2022,” ungkapnya, Kepada Handalonline.com.

Haroni menyebutkan ada berapa poin pembahasan, salah satunya adalah  menuntaskan kemiskinan menyelenggarakan ketahanan pangan kemudian ada Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ada juga terkait penanggulangan bencana.

“Selain itu kami juga dari desa sudah menetapkan prioritaskan pembangunan infrastruktur yang bersumberkan dari dana desa,” jelas Kades Haroni.

Tidak hanya itu lanjut Kepala Desa Haroni, drinya memaparkan realisasi pembangunan Tahun Anggaran 2022 yang mana telah merealisasikan BLT DD sebanyak 120 KPM sejumlah Rp. 432.000.000 kemudian ketahanan pangan sebesar 20% Stunting 6%, kemudian ada 6% yang bersumber kan dari dana desa yaitu untuk operasional perkantoran.

Baca Juga:  SDN 6 Teluk Pandan Gelar Pelepasan Dan Perpisahan siswa-siswi kelas VI

“Jadi tinggal tahap 3 yang belum direalisasikan karena yang saya jabarkan  itu adalah tahap 1 tahap 2 untuk Anggaran tahun 2022,” ujarnya.

Musrenbangdes tahun 2022 ini Kades Haroni, melakukan bermusyawarah untuk menentukan titik pembangunan agar nantinya tidak menimbulkan kecemburuan antar masyarakat karena titik pembangunan itu yang menentukan adalah hasil musdus musyawarah dusun tadi ada beberapa tahapan musdes dan musdus kemudian Musrenbangdes.

“Saya juga mengutarakan kepada masyarakat, kami dari pemerintah desa juga ada program ketahanan pangan untuk di tahun 2023, nanti kita tinggal melihat Pagu kalau memang tercukupi maka kita akan menganggarkan untuk ketahanan pangan,” ucap Kades Sidowaluyo.

Dia juga menghimbau dan berharap kepada masyarakat khususnya Desa Sidowaluyo untuk tetap menjaga kerukunan antar umat beragama antar suku hidup rukun dalam bermasyarakat.

“Dan tidak lupa pula harus tetap bersinergi bersama pemerintah desa dan juga harus tetap menaati aturan-aturan pemerintah dan juga mengikuti aturan dari Pemerintah Daerah sehingga program-program bisa terlaksana dengan baik dan sesuai harapan kita bersama,” ujar Haroni.

Baca Juga:  Plt Kajati Lampung I Gede Ngurah Sriada Lantik Asintel, Aswas dan Tiga Kajari

“Saya juga mengucapkan ribuan terima kasih seluruh perangkat desa dan masyarakat serta kepada pihak terkait yang sudah turut menyaksikan kegiatan Musrenbangdes tahunan ini, Semoga kita beserta keluarga senantiasa diberikan kesehatan dan selalu dilindungi oleh Allah subhanahu wa ta’ala,” pungkas Kades Haroni.

Dalam kegiatan Musrenbangdes dihadiri dan disaksikan oleh Camat Sidomulyo yang diwakilkan oleh Sekcam Ruris Apriandi Kemudian Kapolsek Sidomulyo Ilham, kemudian Babinsa yang mewakili Danramil Sidomulyo, turut hadir juga Bhabinkamtibmas Rahman Effendi ada juga pendamping desa Iksan Subekti  Korcam Saifudin, hadiri pula Pendamping teknis dan KUPT Kesehatan Bambang selaku Kepala Puskes Kecamatan Sidomulyo, KUPT Peternakan Subarka dan KUPT PU Wayan Nuryana dan Korluh PLKB Agus Tono beserta seluruh aparatur desa Ketua BPD, Ketua LPM, tokoh masyarakat tokoh agama tokoh pemuda Kader Posyandu dan Kader PKK Linmas. (Indra Jaya)

Berita Populer

Hari Bhayangkara Ke-78, Polres Pesawaran Gelar Khitanan Massal Gratis

Pesawaran (HO) - Dalam rangka menyambut hari Bhayangkara Ke-78, Polres Pesawaran Polda Lampung, menggelar Khitan Massal Secara gratis di Aula Pamor Persada Polres Pesawaran...

Plt Kajati Lampung I Gede Ngurah Sriada Lantik Asintel, Aswas dan Tiga Kajari

Lampung (HO) - Plt. Kepala Kejaksaan Tinggi Lampung I GDE NGURAH SRIADA, S.H., M.H., melantik Pejabat Eselon III dalam Wilayah Hukum Kejaksaan Tinggi Lampung. ...
error: Content is protected !!