Kepemimpinan Kades Virman Ardana di Apresiasi Masyarakat Sukamaju, Ambulance Tingkatkan Pelayanan Kesehatan

 Editor: M.Ismail 
Kepala Desa Sukamaju Virman Ardana

Pesawaran (HO) – Dalam rangka terus memacu pembangunan baik sarana dan prasarana berskala prioritas, sesuai dengan kebutuhan masyarakat, sebagai penjabaran dari strategi, tindakan, dan tahapan dalam usaha mencapai tujuan pembangunan yang diinginkan serta memenuhi kebutuhan warga di bidang kesehatan, warga Desa Sukamaju Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran saat ini telah memiliki mobil ambulance guna melayani untuk mewujudkan desa maju, mandiri dan berkembang.

Demikian diterangkan Kepala Desa Sukamaju Virman Ardana yang juga Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kecamatan Punduh Pidada.

Bantu Pelayanan Kesehatan Masyarakat Desa Sukamaju, Kades Virman Ardana sediakan Ambulance gratis

“Mobil ambulance ini diperoleh dengan menggunakan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2019, yang merupakan hasil rapat desa,” terang Kepala Desa Sukamaju Virman Ardana, kepada media Handalonline.com, Minggu (4/9/2022).

Dikatakan Virman, Pelayanan ambulance diberikan secara gratis. Warga setempat yang butuh berobat, baik itu dalam keadaan darurat atau untuk rawat jalan ke rumah sakit maupun membawa jenazah ke pemakaman tidak repot lagi menunggu ambulance dari Pukesmas.

“Dimana usulan masyarakat yang menginginkan keberadaan mobil angkutan khusus untuk layani kebutuhan kesehatan. Saat ini alhamdulillah sudah terlihat manfaatnya. Armada ambulance dan drivernya siap siaga 24 jam, yang terparkir di kantor desa terang,” ujar Virman.

Kepala Desa Virman Ardana melanjutkan
yang membuat beda dari desa-desa yang lain yang ada di kecamatan paling ujung pesisir Pesawaran yaitu Punduh Pidada
Itikad dari Ambulance ini untuk melayani masyarakat perlu diketahui daerah ke desanya bisa dibilang paling ujung pesisir Kabupaten Pesawaran maka dari itu dengan jarak tempuh ke Puskesmas menempuh jarak kurang lebih 15 KM.

Bukti nyata, mobil Ambulance sangat bermanfaat bantu warga Desa Sukamaju yang sedang sakit

“Sehingga memang masyarakat di tempat kita sangat bersyukur dengan adanya Ambulance dan pada saat kita belum memiliki ambulans tetap rutin melayani masyarakat menggunakan kendaraan pribadi namanya kita mengabdi bolak-balik menggunakan mobil saya untuk mengantarkan masyarakat yang sakit dan lain sebagainya tidak mengenal siang dan malam,” katanya.

Baca Juga:  Desa Sukamaju Bersama Disdukcapil Berikan Pelayanan Pembuatan Adminduk Gratis

Kades juga mengatakan semenjak dirinya merealisasikan ambulans menggunakan dana desa masyarakat yang sakit langsung cepat ditangani langsung di antarkan berobat jadi sangat bisa dirasakan langsung oleh masyarakat manfaat dari mobil ambulans tersebut.

“Jadi untuk mobil ambulance tersebut yang saat ini sudah ada di desa itu tugasnya tidak hanya mengantarkan orang sakit melainkan menjemput juga yang sedang sakit dan sudah pulih dan sejauh ini untuk jarak tempuh ambulance desa milik kami dan sudah pernah menjemput warga desa yang meninggal itu di bandara Soekarno Hatta Tangerang,” ungkapnya.

“Dan memang pada saat itu ada warga saya yang mengalami laka lantas kecelakaan di Bangka Belitung dan jenazah dikirim melalui pesawat dan kita jemput ke sana,” jelasnya.

Kades Virman Ardana juga menyampaikan
Ambulance tersebut milik bersama dan seluruh masyarakat Desa Sukamaju jadi semua warga berhak menggunakan ambulance karena itu atas nama desa.

Mobil Ambulance sedang digunakan untuk membawa warga Desa Sukamaju yang sedang sakit

Virman menyebutkan, untuk ambulans tersebut pihaknya menggunakan plat merah
Dan sepengetahuan nya kalau berkaca ke desa-desa yang lain ada yang menggunakan plat hitam, namun ambulance Desa Sukamaju menggunakan plat merah artinya tergantung dari Kepala desanya masing-masing.

“Saat ini mobil ambulance sangat dirasakan masyarakat manfaatnya karena ambulans milik bersama yang artinya harus sama-sama saling merasa memiliki peduli untuk menjaga kendaraan supaya pada saat di butuhkan kendaraan tersebut siap dan selalu sehat,” timpalnya.

Baca Juga:  Saburai Support Group Gelar Training Capacity Building KDS Provinsi Lampung
Mobil Ambulance pemerintah desa Sukamaju Kecamatan Punduh Pidada

Kepala desa juga mengatakan terkait ambulans tersebut itu tidak ada penarikan untuk masyarakat yang menggunakan semua sudah di tanggung dari desa jadi setiap Ambulance jalan atau mengantarkan masyarakat yang sedang sakit atau yang terkena musibah itu operasional langsung dari desa baik itu bensin uang makan.

“Intinya uang uang transport dari desa jadi ambulance tersebut untuk melayani masyarakat dan memang milik masyarakat itu gratis dan dan siap melayani masyarakat selama 24 jam,” pungkasnya.

Salah satu tokoh masyarakat Desa Sukamaju, H. Selamet mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah desa terkhusus untuk Virman Ardana, karena dengan adanya kendaraan ambulance yang di sediakan sangat membantu masyarakat, karena selama berpuluh-puluh tahun dan beberapa kali ganti kepala desa, baru semenjak Kepala Desa Virman Ardana yang peduli dan banyak melakukan perubahan di desa, baik di bidang kesehatan, pembangunan, pendidikan, sosial maupun lainnya, yang bertujuan untuk kepentingan masyarakat Desa Sukamaju.

“Saya mewakili masyarakat Desa Sukamaju mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Virman Ardana, yang telah melakukan banyak perubahan di desa, dan semenjak Bapak Virman menjabat, banyak kemajuan, kami selaku warga dapat merasakan langsung pembangunan-pembangunan baik sarana, prasarana maupun lainnya,” ujarnya.

“Dan kami akan terus berdoa untuk Bapak Virman beserta keluarga dan seluruh perangkat desa, semoga selalu diberikan kesehatan, keselamatan, sehingga roda pemerintahan desa terus berjalan dengan baik untuk tujuan membangun desa dan kesejahteraan masyarakat Desa Sukamaju,” ucap H. Selamet yang juga salah satu tokoh agama desa setempat. (Indra Jaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here