Sebanyak 35 Pelajar, Ikuti Lomba Pidato Bahasa Lampung

 Editor: M.Ismail 

Pesawaran (HO) – Sebanyak 35 pelajar tingkat SMP dari 11 kecamatan mengikuti lomba pidato berbahasa Lampung yang di prakarsai oleh Bunda Literasi Kabupaten Pesawaran Nanda Indira Dendi bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispursip) dihalaman kantor setempat, Selasa(23/8/2022).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pesawaran Halimah Zakaria mengatakan Perlombaan pidato bahasa Lampung ini merupakan program tahunan yang diselenggarakan secara rutin setiap tahunnya.

“Dengan tujuannya adalah untuk menjaga kelestarian bahasa Lampung dari generasi milenial,” terangnya.

Baca Juga:  Raker, Kajati Nanang Sigit Yulianto Ingatkan Jaksa Seluruh Lampung

Sebab katanya, saat ini bahasa Lampung dalam generasi muda sudah banyak memudar dalam kegunaannya.

“Jadi kegiatan ini menjadi titik dorong anak-anak agar mau menggunakan bahasa Lampung dan melestarikannya” ucapnya.

Lebih dari itu juga kegiatan perlombaan pidato bahasa Lampung pun dalam rangka memperkenalkan kepada masyarakat luas dalam penggunaannya sehari-hari.

Dan berharap kedepannya agar anak-anak muda di Kabupaten Pesawaran dapat menggunakan bahasa Lampung dalam kegiatan disekolah dan dilingkungan rumah.

Baca Juga:  Guna Keselamatan Anggota, Kodim 0421/LS Gelar Apel Pemeriksaan kendaraan

Sementara itu Dicky Darmawan sebagai juri dalam perlombaan ini mengatakan bahwa 35 peserta tingkat SMP tersebut dinilai dari beberapa aspek penilaian.

Penilaian tersebut diantaranya adalah, pelafalan dalam pidato, tema pidato, kelancaran pidato, ekspresi, dan ketepatan bahasa.

“Itu menjadi acuan kami sebagai juri dalam menentukan pemenangnya, disitu anak-anak nantinya akan dilihat dan dinilai” ungkapnya.

“Untuk menentukan siapa yang memiliki poin terbanyak dalam seluruh aspek penilaian yang sudah ditetapkan,” pungkasnya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here