KPK RI Gelar Bimtek Anti Korupsi, Bupati Pesawaran Sampaikan Apresiasi

 Editor: M.Ismail 

Pesawaran (HO) – Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK-RI) melalui Kepala Satgas 1 Direktorat Pembinaan Peran Serta Masyarakat, Rino Haruno membuka bimbingan teknis (bimtek) Desa Anti Korupsi di Balai Desa Hanura Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung, Selasa (14/6/2022).

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka mendampingi Desa Hanura Kecamatan Teluk Pandan untuk dapat menjadi pelopor desa anti korupsi setelah sejumlah indikator dipenuhi dalam penilaian yang nantinya akan dilakukan oleh Konsultan Tim Penyusun Desa Anti Korupsi.

“Ada 10 desa yang nantinya akan mengikuti penilaian dengan indikator yang telah ditetapkan oleh juri atau penilai, nah kami akan mendampingi Desa Hanura sampai dilakukannya penilaian,” kata Rino Haruno.

Rencananya, bimtek program desa anti korupsi Guwai Ngewujudko Pemekhintah Khik Masyarakat Desa Si Berintegrasi Mit Arah Desa Anti Korupsi Desa Hanura Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran digelar dua hari yakni tanggal 14-15 Juni 2022 besok dengan diikuti seluruh aparatur desa didesa tersebut.

Baca Juga:  Danlanal Lampung Bangun Masjid di Teluk Kramat Legundi

Hadir pada kegiatan tersebut, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, Plh Sekda Kabupaten Pesawaran Syukur, Camat Teluk Pandan Edi dan Kepala Desa Hanura Rio Remota dan sejumlah jajaran serta OPD terkait.

Kemudian, Kepala Satgas 1 Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK-RI Rino Haruno,
Friesmount Wongso, Yuniva Tri Lestari dan Spesialis pembinaan dan peran serta masyarakat Lidia Vega Redongkir.

Lalu, Direktur Fasilitasi Pemanfaatan Dana Desa Kementrian Desa-RI Lutfy Latif, Direktur Penataan dan Administrasi Pemerintah Desa Kementrian Dalam Negeri-RI Restia dan Konsultan.

Dalam sambutannya, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona menyampaikan beberapa prestasi dan kemajuan Bumi Andan Jejama terkait berbagai hal yang diantaranya kemajuan bidang pariwisata.

“Dulu Kabupaten Pesawaran belum ada destinasi, lima tahun belakang kita gali potensi alam dan alhamdulillah hampir di seluruh desa telah memiliki destinasi wisata. Sekarang pariwisata yang ada di Kabupaten Pesawaran menjadi tujuan utama para wisatawan,” kata Dendi.

Baca Juga:  Latihan Paskibra Kecamatan Way Ratai Persiapan HUT RI ke-77 Tahun 2022

Terpilihnya Desa Hanura Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran yang akan menjadi Desa Anti Korupsi merupakan bukti geliat prestasi pembangunan diberbagai sektor terus bergerak maju, karenanya kegiatan yang dimaksud juga sangat diapresiasi.

“Ikuti bimtek secara serius dan terapkan dalam tugasnya, mudah-mudahan nantinya dapat masuk nominasi setelah penilaian dilakukan oleh tim. Dan, kami berharap apa yang menjadi indikator penilai dapat dipenuhinya,” tegas dia.

Pelaksanaan kegiatan tersebut dilakukan secara bergantian pesertanya, yakni pada pagi dan siang dengan materi yang sama disampaikan oleh pemateri dari kementrian terkait dan KPK-RI melalui divisinya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here