Danrem 043/Gatam Hadiri Pengukuhan Komandan KRI Teluk Palu-523

 Editor: M.Ismail 

Bandar Lampung (HO) – Komandan Korem 043/Gatam Brigjen TNI Ruslan Effendy, menghadiri acara serah teima Kapal dan Peresmian KRI serta Pengukuhan Komandan KRI Teluk Palu-523, di PT.DRU, Jl. Alamsyah Ratu Prawiranegara, KM 12 Srengsem, Panjang Bandar Lampung, Rabu (9/3/2022).

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono.,S.E., M.M., dalam sambutannya menyampaikan sebagai negara kepulauan terbesar di dunia sudah selayaknya Indonesia memiliki kekuatan laut yang tangguh, sebagai jaminan tegaknya kedaulatan keutuhan wilayah dan keselamatan segenap bangsa dan kekuatan laut yang handal, hanya dapat terwujud dengan dukungan Alutsista yang mumpuni.

“Oeh karena itu pembangunan kekuatan dengan langkah modernisasi alutsista menjadi salah satu program prioritas Angkatan Laut, selain itu kemandirian industri pertahanan sebagai upaya menghindari ketergantungan terhadap negara lain,” terangnya.

Maka katanya, kemandirian industri pertahanan dalam negeri merupakan tuntutan perhatian cita-cita dan kebijakan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan alutsista dalam rangka menjaga pertahanan, keamanan serta eksistensi negara dalam menghadapi dinamika politik yang sangat dinamis.

Baca Juga:  Hari Pertama, Bridge Beregu Lampung Sumbangkan Perak di Porwanas XIII Malang

“Saya yakin hadirnya KRI Teluk Palu – 523 dalam dasar analisis ada angkatan laut akan meningkatkan daya gempur, kepercayaan diri dan performa dalam pelaksanaan tugas-tugas TNI Angkatan Laut,” ujarnya.

Begitu juga disampaikan Direktur PT DRU Steven Angga Prana, menjelaskan kepada KASAL bahwa PT. Daya Radar Utama adalah salah satu industri galangan Nasional swasta.

“Syukur alhamdulilah kami telah mampu membangun berbagai jenis kapal berukuran kecil hingga besar, Khusus kapal TNI AL kami sangat berterima kasih kepada yang terhormat Bapak Kepala Staf Angkatan Laut, yang telah memberi kepercayaan kepada PT. Daya Radar Utama untuk membangun Kapal Angkut TANK 6 (Teluk Palu -523) yang sekarang berada dihadapan kita dan akan segera kami serah terimakan kepada TNI Angkatan Laut sehingga dapat segera beroperasi dI jajaran TNI Angkatan Laut,” ungkapnya.

Dia menambahkan, dalam pembangunan kapal Teluk Palu – 523, PT. Daya Radar Utama telah melalui tahapan demi tahapan pembangunan mulai dari frist cutting, kell laying, Lauching, hat,sat, uji fungsi pendaratan heli, uji fungsi beacing, embarkasi debarkasi MBT leovad serta commodore inspection.

Baca Juga:  Rampas Setoran Brizzy, Polres Lamsel Bekuk Residivis

“Dan tiba saatnya kapal Teluk Palu-523 akan melalui tahapan pembangunan terakhir yaitu serah terima kapal. Kami berharap Kapal Teluk Palu-523 dapat berguna serta menunjang kebutuhan operasional,” ucapnya.

Diketahui acara serah terima kapal dan peresmian KRI serta Pengukuhan Komandan KRI Teluk Palu- 523 dari PT. Daya Radar Utama Shipyard and Engineering (PT DRU) kepada KASAL Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dihadiri Gubernur Lampung diwakili Assisten Pemerintahan dan Kesra Hamartoni Ahadis, Wakapolda Lampung Brigjen Pol Subiyanto, Danlanal Lampung Kolonel Laut (P) Nuryadi, Danbrigif 4 Mar/BS Kolonel Marinir Harry Indarto, Dansatgas Kapal AT, Dansatgas kapal OPV, Dansatgas kapal OPV 90M, Danlanud P. Bunyamin Letkol Nav Yohanas Ridwan, S.T, Danyon 7 Mar, Danyon 9 Mar, Danpuslatpur 8 Mar, Dirpolairud Polda Lampung, dan Forkompinda Lampung. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here