Kompetensi Wartawan Tolak Ukur Kerja Jurnalis Jalankan Kebutuhan Informasi

 Editor: M.Ismail 

Lampung (HO) Kompetensi wartawan harus selalu terjaga, agar kerja jurnalistik dapat dijalankan dan kebutuhan informasi publik dapat terpenuhi dengan baik.

Demikian disampaikan oleh Ketua Bidang Pembelaan Wartawan, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Oktav Riyadi saat membuka gelaran uji kompetensi wartawan di aula Swiss Bell Hotel, Bandarlampung, Jumat (9/4/2021).

“Bahkan, dari sepuluh program yang digagas PWI Pusat, Sembilan diantaranya adalah program pendidikan dan peningkatan kompetensi wartawan anggota PWI,” jelasnya.

Baca Juga:  Tingkatkan Produksi, PTPN VII Unit Pagar Alam Terus Berinovasi

Karenanya, sejak 2010 lalu, PWI Pusat terus menggiatkan program peningkatan kapasitas wartawan melalui Uji Kompetensi yang rutin digelar.

“2010 saat saya menjabat ketua PWI Sumsel, kita gagas piagam Palembang. Sekaligus menandai komitmen untuk terus mengasah kemampuan dan profesionalitas wartawan,” tambahnya.

Oktav juga menyebut, kompetensi wartawan penting untuk terus dilakukan agar mutu jurnalistik terus terjaga.

Baca Juga:  Pelantikan PD DMI, Bupati Pesawaran: Harapkan Organisasi Berkembang

“Jangan sampai, humas pemerintah justru lebih konpeten dalam menulis berita, inikan repot,” ujarnya.

Diketahui, gelaran Uji Kompetensi Wartawan angkatan XXIII itu diikuti sebanyak 12 wartawan jenjang Utama, 12 wartawan jenjang Madya, serta 30 peserta Muda. (Rls/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here