Pasca Libur Panjang, Nanda Indira Dendi Tinjau Lomba Kebersihan Sekolah

 Editor: M.Ismail 

Pesawaran (HO) – Pemerintah Kabupaten Pesawaran, menggelar lomba kebersihan antar sekolah tingkat kabupaten, guna menjamin kebersihan dan kenyamanan anak murid pasca libur panjang kenaikan kelas beberapa waktu lalu.

Ketua TP PKK Kabupaten Pesawaran Nanda Indira Dendi yang melakukan peninjauan secara langsung dalam penilaian lomba kebersihan tersebut mengatakan, dengan diberlakukannya pembelajaran tatap muka (PTM) 100%, pihak sekolah diwajibkan untuk mengedepankan terkait dengan Protokol Kesehatan (Prokes) dan juga kebersihan lingkungan sekolah.

“Kalau lingkungan sekolah bapak ibu bersih, tentunya anak murid kita ini menjalankan aktifitas belajar mengajarnya kan menjadi nyaman, apalagi di tengah pandemi saat ini selain penerapan prokes, kebersihan sekolah juga menjadi salah satu cara untuk menekan penyebaran virus covid-19 di lingkungan sekolah,” ujarnya di TK Negeri Pembina Desa Sukadadi Kecamatan Gedongtataan. Senin (25/7/2022).

Baca Juga:  Oknum LSM GMBI, Akui Kesalahan Dihadapan Majelis Hakim PN Gedongtataan

Dirinya mengatakan, yang paling penting dari lomba tersebut bukan pada lombanya semata, melainkan bagaimana lomba kebersihan sekolah tersebut bisa menumbuhkan kesadaran akan budaya bersih dan peduli pada lingkungan yang sejauh ini sudah jauh terkikis.

“Dengan adanya lomba ini, diharapkan seluruh pihak sekolah, akan lebih giat menjaga lingkungannya, kalau kegiatan ini secara berkelanjutan terus dilakukan, maka lama kelamaan akan menjadi budaya atau kebiasaan di lingkungan sekolah,” ujar dia.

Sementara itu Kadisdikbud Pesawaran Anca Martha Utama mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh 33 sekolah dari 11 kecamatan yang mana setiap kecamatannya mengirimkan perwakilan satu sekolah disetiap tingkatannya mulai dari Paud, SD dan SMP.

Baca Juga:  Peringati Hari AIDS Sedunia, Puskesmas Simpur Gelar Pemeriksaan HIV Gratis

“Sebelum perlombaan tingkat kabupaten, kita sudah menggelar perlombaan di tingkat kecamatan, dan yang saat ini mengikuti perlombaan ini merupakan pemenang dari tingkat kecamatan di tingkatannya masing-masing,” kata dia.

Dirinya mengatakan, dalam perlombaan ini terdapat sejumlah poin yang dilakukan penilaian, mulai dari kebersihan ruang pimpinan, ruang guru, ruang kelas, ruang perpustakaan, kemudian halaman sekolah, dan juga kebersihan kamar mandi di lingkungan sekolah.

“Lomba ini selain dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Pesawaran ke-15, kegiatan ini juga bertujuan untuk memastikan pihak sekolah telah siap dalam pelaksanaan PTM 100% di tengah pandemi covid-19, selain kebersihan kita juga melakukan penilaian terhadap penerapan prokes di areal sekolah,” katanya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here