Antisipasi Penyebaran PMK, Pemkab Pesawaran Tunggu Distribusi Vaksin

 Editor: M.Ismail 

Pesawaran (HO) – Pemerintah Kabupaten Pesawaran, sampai saat ini masih menunggu pendistribusian vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) bagi hewan ternak yang ada di kabupaten setempat.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Pesawaran Fisky Firdous mengatakan, saat ini pihaknya hanya menunggu terkait rencana pendistribusian vaksin PMK untuk mengantisipasi penyebaran PMK.

“Kita semua menunggu distribusi vaksin dari Kementrian Pertanian (Kementan), karena vaksin itu nantinya melihat kabupaten kota mana yang lebih urgent untuk mendapatkan vaksin tersebut,” ujarnya. Senin (23/5/2022).

Baca Juga:  Raker, Kajati Nanang Sigit Yulianto Ingatkan Jaksa Seluruh Lampung

Dirinya mengatakan, menurut informasi yang diterima bahwa akan ada distribusi vaksin di bulan Juni dan akan ada produksi vaksin lokal dari Pusvetma di bulan Agustus 2022.

“Menurut informasi dari Kadis provinsi, Lampung belum mendapatkan kejelasan berapa dosis yang akan dibagikan, karena memang pendistribusian vaksin inikan akan disesuaikan dengan kondisi kasus di lapangan,” ujar dia.

Baca Juga:  Sulam Jelujur Mendunia, Sukses di Amerika Kini Tampil di Dubai

“Maka dari itu sampai saat ini, kita juga belum bisa mengajukan berapa jumlah vaksin yang akan kita minta oleh pemerintah pusat maupun provinsi, karena jumlah yang akan didistribusikan belum diketahui,” kata dia.

Berdasarkan data peternak lokal yang tercatat oleh Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Pesawaran, tahun 2021 terdapat 23.082 ekor sapi, kerbau 958 ekor, kambing 54.079 ekor serta domba 5.439 ekor. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here