Selasa, April 23, 2024

Monumen Perjuangan Prajurit CPM Kompi C Batalyon Garuda, Kakon Panggungrejo: Ikon Sejarah

Pringsewu (HO) – Peletakan batu pertama renovasi monumen perjuangan prajurit CPM Kompi C Batalyon Garuda oleh Wadan Puspomad Mayjen TNI Ekia Wijaya Permana, S.H bertempat di Pekon Panggungrejo Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung Kamis (11/1/2024) berjalan lancar.

Kepala Pekon Panggungrejo Supartono
membenarkan beberapa hari yang lalu telah melaksanakan kegiatan peletakan batu pertama renovasi pembangunan monumen perjuangan prajurit CPM Kompi C Batalyon Garuda oleh Wadan Puspomad Mayjen TNI Ekia Wijaya Permana, S.H bertempat wilayah RT 3 RW 2 pekon/desa setempat.

Dia juga menerangkan monumen perjuangan Prajurit TNI Batalyon CPM Garuda monumen tersebut  yang ada di pekon nya dibangun tahun 1987-1988 diresmikan pada 19 Juni oleh Gubernur Lampung pada saat itu Bapak Poedjono Pranyoto.

Peletakan batu, Monumen Perjuangan Prajurit CPM Kompi C Batalyon Garuda, Kakon Panggungrejo: Ikon Sejarah

“Kemudian monumen tersebut yang terletak di wilayah RT 3 RW 2 Pekon Panggungrejo kita bersama warga masyarakat serta keluarga penghibah kita rawat dan kita jaga alhamdulillah dalam setiap tahunnya setiap malam satu suro kita adakan kegiatan kumpul bersama doa bersama dengan masyarakat sekitar kita laksanakan kegiatan tersebut di monumen perjuangan Prajurit CPM,” ujar Supartono Kepada Handalonline.com, Kamis (17/1/2024).

Baca Juga:  Masyarakat Segera Laporkan Dugaan Korupsi Kades Tanjung Sari  Ke Kejari Lamsel

Dia melanjutkan pada bulan November dan Desember pihak dari Detasemen Polisi Militer (Denpom) Lampung turun kebawah untuk melihat langsung menggali sejarah monumen tersebut.

“Alhamdulillah di bulan Januari 2024 ada renovasi monumen perjuangan tersebut,” kata nya.

Kepala Pekon Supartono juga mengatakan atas nama pemerintah pekon/desa warga masyarakat mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak terkait yang mana sudah melaksanakan peletakan batu pertama renovasi monumen perjuangan prajurit CPM Kompi C Batalyon Garuda.

Monumen Perjuangan Prajurit CPM Kompi C Batalyon Garuda, Kakon Panggungrejo: Ikon Sejarah

“Saya atas nama pemerintah pekon kemudian warga masyarakat Pekon Panggungrejo mengucapkan terima kasih pada Wadan Puspomad kemudian kepada bapak Dandenpom Lampung dan kepada personilnya anggotanya yang sudah membantu memberikan bantuan renovasi ditunggu monumen serta kegiatan-kegiatan lainnya yang ada di Pekon Panggungrejo,” ucap nya.

Baca Juga:  PWI Kabupaten Pesawaran Gelar Diskusi Pra Konferker dan Halal Bi Halal

Dia juga memaparkan semoga bisa terus terjalin silaturahmi antara warga dengan pihak Detasemen Polisi militer Lampung dan Puspomad.

“Harapan saya kepada masyarakat mari kita lestarikan bahwa di pekon kita Panggungrejo adalah tempat sejarah markas perjuangan CPM Kompi C Batalyon Garuda yang mana pada saat itu menjadi tempat singgah bahkan pernah terjadi pertempuran, maka dari itu mari kita jaga lestarikan dan kita rawat dengan sejarah bangunan yang ada dan tentunya jadi kebanggaan tersendiri bagi kita karena yang terpenting adalah sebagai ikon pekon kita,” pungkas nya. (Indra Jaya)

Berita Populer

error: Content is protected !!