Resmikan Mushola Baiturrahim Lapas Kelas IIA Kota Metro, Kanwil Menkumham: Jika Ada Kekerasan Segera Tindaklanjuti

 Editor: M.Ismail 
Poto bersama Kakanwil Menkumham Lampung Edi Kurniawan seusai peresmian Mushola Baiturrahim di Lapas Kelas IIA Kota Metro

Metro (HO) – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Lampung, Edi Kurniawan menegaskan jika masih ada laporan terkait tindak kekerasan dalam lembaga Pemasyarakatan (Lapas) maupun Rumah Tahanan (Rutan) akan segera menindaklanjuti.

“Untuk saat ini saya belum menerima laporan, namun jika masih ada akan kami tindak lanjuti,” tegas nya setelah usai peresmian Mushola Baiturrahim di Lingkungan Lapas Kelas II A Kota Metro, Rabu (28/9/2022).

Kakanwil Menkumham Lampung Edi Kurniawan memberikan sambutan saat peresmian Mushola Baiturrahim di Lapas Kelas IIA Kota Metro

Diterangkannya, untuk di Lapas yang ada di Lampung sampai saat ini tidak ada lagi kekerasan, baik kekerasan antar petugas dengan warga binaan maupun warga binaan dengan sesamanya.

“Kalau untuk pertengkaran antar sesama warga binaannya saat ini sudah kecil kemungkinannya. Karena tindak kekerasan memang tidak diperbolehkan baik antar petugas dengan warga binaan maupun antara warga binaan dengan sesamanya,” ujarnya.

Baca Juga:  Pemilu 2024, KPU Pesawaran Gelar Rakor Penataan Dapil dan Alokasi Kursi DPRD

Maka lanjut Kakanwil Menkumham Lampung ini, untuk mencegah hal tersebut pihaknya juga telah melakukan berbagai kegiatan pembinaan, baik pembinaan keagamaan, kerohanian, kemandirian dan juga keterampilan.

“Pembinaan berupa kegiatan bagi para warga binaan, sehingga memperkecil angka kekerasan yang akan timbul,” ucapnya.

“Karena di dalam mereka juga memiliki kegiatan. Dengan itu kan kita sama dengan melakukan pendekatan secara humanis, dengan edukasi,” katanya.

Dijelaskannya, saat ini di masing-masing Lapas sudah diperbolehkan warga binaan menerima kunjungan langsung.

“Kekerasan yang ada hingga saat ini baru ada satu laporan yaitu yang sempat terjadi di LPK waktu itu,” imbuhnya.

Kakanwil Menkumham Lampung Edi Kurniawan seusai peresmian Mushola Baiturrahim di Lapas Kelas IIA Kota Metro

Sementara, Kalapas Kelas IIA Kota Metro, Muchammad Mulyana mengaku untuk kasus perkelahian di Lapas ini masih terkadang terjadi. Namun, masih dalam kategori yang wajar.

Baca Juga:  Oknum LSM GMBI, Akui Kesalahan Dihadapan Majelis Hakim PN Gedongtataan

Meski demikian, hingga kini belum mendapati kasus perkelahian kategori berat, dan kedepan pihaknya tetap akan upayakan tidak terjadi hal yang tidak diinginkan tersebut.

“Namanya lapas yang merupakan tempat berkumpulnya berbagai latar belakang dan karakter yang berbeda, terkadang memang ada terjadi gesekan antar sesamanya,” ujarnya.

Menurutnya, permasalahan yang kerap terjadi di dalam Lapas Kelas IIA Metro ini masih dapat dikendalikan. Sehingga tidak pernah menimbulkan korban.

“Itu sedikit sekali ya, tapi terkadang memang masih ada. Untuk itu kita lakukan edukasi bagaimana kita untuk dapat menyesuaikan diri dan beradaptasi hidup di Lapas,” pungkasnya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here