Wujudkan Pesawaran Sejahtera, Bupati Buka TMMD Ke-114 Kodim 0421/LS

 Editor: M.Ismail 

Pesawaran (HO) – Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona membuka langsung TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0421/LS yang Ke-114 tahun anggaran 2022, di Lapangan Tritura Desa Kedondong Kecamatan Kedondong Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung, Selasa (26/7/2022).

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan Program TNI Manunggal Membangun Desa ini merupakan program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian dan Pemerintah Daerah, serta segenap lapisan masyarakat. Oleh karena itu, program ini diharapkan dapat mewadahi aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah pedesaan, karena proses perencanaan TMMD selalu diawali dengan melibatkan berbagai instansi dan masyarakat sebagai pelaku dan pengguna hasil TMMD.

“Melalui kegiatan TMMD ke-114 ini, kita wujudkan Pesawaran lebih maju dan sejahtera dengan masyarakat yang produktif, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada jajaran TNI,
Polri, atas penyelenggaraan TMMD di Desa Babakan Loa Kecamatan Kedondong,” terangnya.

Ini kata Bupati, merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan bagi Pemerintah Daerah karena untuk satu semangat dan aksi demi Ibu Pertiwi dan demi masyarakat yang
sejahtera, berdikari dalam satu wadah NKRI. Hal ini selaras dengan tema yang diusung yaitu TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI.

Baca Juga:  Wakapolres Pesawaran Kena Razia, AKBP Pratomo Widodo: Saya Jalankan Perintah Kapolri

“Peran dan kerjasama yang erat dari semua
stakeholder baik kementerian atau lembaga pemerintah non kementerian pemerintah daerah, BUMD, swasta, yang didukung
partisipasi aktif masyarakat merupakan penentu keberhasilan TMMD,” ujar bupati.

Dendi melanjutkan, TMMD telah banyak memberikan pelajaran berharga, betapa penting dan luar biasanya semangat gotong royong membangun bangsa. Semua bahu membahu, memberikan sumbangan pikiran, ide dan gagasan, sumbangan tenaga dan keterampilan, sumbangan materi dan kebendaan dan lain sebagainya.

“Melalui TMMD seperti inilah yang menjadi
suatu kekuatan luar biasa untuk memajukan desa, menggali dan mendayagunakan potensi serta mengatasi berbagai isu atau persoalan terkini dengan solusi terbaik,” tutur dia.

Program TMMD telah membantu pemerintah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pada prinsipnya, masyarakat harus benar-benar dapat hidup secara baik, sehat dan sejahtera.

Baca Juga:  Pemilu 2024, KPU Pesawaran Gelar Rakor Penataan Dapil dan Alokasi Kursi DPRD

Selain itu sambung Bupati, pembangunan fisik berupa infrastruktur sebagai penunjang perekonomian, tentunya pembanguan non fisik juga turut dilaksanakan, berupa Pelayanan Posyandu, Pelayanan Posbindu, Pelayanan KB, Pembinaan Siskamling,
Penyuluhan Stunting, Pembinaan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara, dan Penyuluhan Anti Narkoba.

“Hal ini harus dimaknai dan dipahami sebagai perwujudan komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran dan TNI guna memberikan layanan prima berbasis partisipasi kolaboratif berkelanjutan demi kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Bupati menyebutkan, TMMD bukan semata
membangun sarana fisik bagi masyarakat desa, tetapi dalam TMMD juga membangun semangat dan percaya diri masyarakat agar mampu mengelola potensi yang dimiliki
serta kesiapsiagaan menghadapi setiap tantangan yang sedang dan akan dihadapi.

“Selain itu, melalui program TMMD secara berkesinambungan, diharapkan akan dapat
mewujudkan ketahanan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi berbagai bentuk ancaman, yang muaranya akan berdaya guna bagi kepentingan pertahanan negara,” pungkasnya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here