Rencanakan Pembangunan Tangguh, Maju dan Mandiri, Kakon Sukoharum Gelar Musdus

 Editor: M.Ismail 

Pringsewu (HO) – Dalam rangka pengumpulan usulan kegiatan prioritas oleh masing-masing dusun sebelum dilakukan Musyawarah Desa (Musdes) untuk penetapan RKPDes, Musrenbangdes, dan Penyusunan Rancangan APBDes, Kepala Pekon Pekon Sukoharum Kecamatan Adiluwih Kebupaten Pringsewu M.Ridwan menggelar Musyawarah Dusun (Musdus) yang digelar dirumah salah satu warga di Dusun 1, Rabu malam, (20/10/2021).

Kakon M.Ridwan mengatakan musyawarah dusun tersebut untuk mendengarkan saran, masukan atau ide-ide lain nya untuk membantu kepemerintahan pekon dalam mewujudkan Pekon Sukoharum menjadi pekon tangguh maju mandiri.

“Iya malam ini sedang ada kegiatan rapat musyawarah antar dusun, ini pertama kali dilaksanakan di Dusun 1 untuk Anggaran tahun 2022, dimulai dari Dusun 1 dan besok Jum,at malam Sabtu di Dusun 2, dan seterusnya,” jelasnya.

Baca Juga:  Atlet Sambo Pesawaran Raih Medali Emas Porprov IX Lampung

Dia melanjutkan tujuan dari Musdus yaitu mengidentifikasi potensi dan permasalahan di lingkungan dusun, yang mencakup bidang sosial budaya, ekonomi produktif warga dan sarana prasarana fisik lingkungan, berikut alternatif solusi atau pemecahan masalahnya.

“Jadi semua aspirasi warga bisa diserap dan hasil dalam musdus tersebut akan di rekap oleh tim sebelas penyusun rencana pembangunan pekon dan diajukan kepada badan hipun pekon dan Pemerintah desa kemudian menetapkan usulan prioritas pembangunan yang akan menjadi bahan masukan dalam pelaksanaan forum Musrengbankon,” ujarnya.

Kemudian kata M.Ridwan, Musdus dilaksanakan untuk mengenali potensi dan peluang pendayagunaan sumber daya pekon serta masalah yang dihadapi di pekon.

Baca Juga:  Sukseskan Pilkades, Polres Pesawaran Amankan TPS, Bupati: Ganggu Keamanan Siapkan Sel Khusus

“Untuk di tahun 2022, Pemerintah Pekon Sukoharum menyelenggarakan Musyawarah Dusun di tiga dusun. Hal ini merupakan siklus tahunan yang selalu dilakukan,” ucapnya.

Kakon juga menghimbau kepada masyarakat dalam rangka musdus ini untuk bisa selalu mengedepankan sarana pembangunan prioritas dan pada saat ini masih dalam pandemi untuk selalu menjaga protokol kesehatan.

“Saya berharap kepada seluruh masyarakat Pekon Sukoharum dengan di laksanakan musdus ini semoga apa yang menjadi masukan dan usulan program pembangunan ini bisa terlaksana dengan baik dan lancar,” katanya. (Indra Jaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here