Bupati Pesawaran Dengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI, Secara Virtual

 Editor: M.Ismail 

Pesawaran (HO) – Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona Dan Wakil Bupati Marzuki. S, mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia secara virtual di Ruang Sidang DPRD Kabupaten setempat, Senin (16/8/2021).

Kegiatan tersebut dilakukan dengan Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Pesawaran dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-76 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021yang berlangsung ditengah pandemi corona dengan dihadiri oleh sejumlah unsur pimpinan yang ada di Bumi Andan Jejama.

Diantaranya adalah beberapa anggota DPRD Kabupaten Pesawaran, Perwakilan Polres Pesawaran, Kodim Lampung Selatan (TNI), Kejaksaan, Sekretaris Daerah Kesuma Dewangsa, Para Asisten, Inspektur, Kepala BPKAD, Kepala BAPPEDA, Kabag Hukum dan Kabag Pembangunan.

Selama satu setengah tahun diterpa pandemi, telah terjadi penguatan yang signifikan dalam perilaku dan infrastruktur kesehatan Indonesia dan sekaligus penguatan kelembagaan nasional.

“Kesadaran, partisipasi dan kegotongroyongan masyarakat menguat luar biasa. Kelembagaan pemerintahan lintas sektor dan lintas lembaga negara, serta antara pusat dan daerah sampai dengan desa, juga mengalami konsolidasi,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Pidato Kenegaraan Dalam Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPD di Gedung Parlemen, Senin (16/08/2021).

Baca Juga:  Wujud Pemerintah Efektif, Pemkab Pesawaran Raih Tiga Tahun Berturut penganugerahan

Kapasitas sektor kesehatan meningkat pesat dan semakin mampu menghadapi ketidakpastian yang tinggi dalam pandemi. Dari sisi masyarakat, kesadaran terhadap kesehatan semakin tinggi. Kebiasaan mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak telah menjadi kesadaran baru. Gaya hidup sehat, menjaga kebersihan lingkungan, berolah raga, dan mengonsumsi makanan yang bernutrisi, terasa semakin membudaya.

Hal ini merupakan modal besar untuk menuju masyarakat yang lebih sehat dan dalam pengembangan SDM yang berkualitas. Apalagi, saat ini kesadaran dan antusiasme masyarakat untuk divaksin semakin tinggi.

Baca Juga:  Sukseskan Pilkades, Polres Pesawaran Amankan TPS, Bupati: Ganggu Keamanan Siapkan Sel Khusus

“Pandemi telah mengajarkan bahwa kesehatan adalah agenda bersama. Pandemi telah menguatkan institusi sosial di masyarakat, dan semakin memperkuat modal sosial kita,” ujar dia.

“Jika ingin sehat, warga yang lain juga harus sehat. Jika ada seseorang yang tertular Covid-19, maka hal ini akan membawa risiko bagi yang lainnya. Penyakit adalah masalah bersama, dan menjadi sehat adalah agenda bersama,” jelasnya.

Kapasitas kelembagaan negara dalam merespons pandemi juga semakin terkonsolidasi dan bekerja semakin responsif. Menurutnya, seluruh pemangku kepentingan mengerti bahwa pandemi harus ditangani dengan cepat.

Usai kegiatan tersebut, Bupati Dendi Ramadhona melanjutkan dengan Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Pesawaran dalam rangka Penandatangan Nota Kesepakatan KUPA dan PPASP APBD Tahun Anggaran 2021 antara Pemerintah Kabupaten Pesawaran Dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten setempat. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here