Puncak HBP Ke-57, Rutan Kota Agung MoU Bersama Dispusip dan Pos Bantuan Hukum

 Editor: M.Ismail 

Tanggamus (HO) – Rumah Tahanan (Rutan) Kota Agung memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) Ke-57 dengan tema Akselerasi Adaptasi, Pemasyarkatan PASTI Maju, serta mengadakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama atau MoU dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Tanggamus dan Pos Bantuan Hukum Advokat Indonesia.

Kepala Rutan Kota Agung, Akhmad Sobirin Soleh menjelaskan peringatan dilaksanakan dengan mengikuti upacara secara virtual yang terpusat di Graha Pengayoman Kementerian Hukum dan HAM RI di Jakarta.

“Hari ini adalah puncak peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke 57. Sebelumnya, Rutan Kota Agung melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan menyambut hari ulang tahun seluruh insan pemasyarakatan,” katanya di aula rutan setempat, Selasa, (27/4/2020).

Baca Juga:  Kapolres Pesawaran Ikuti HUT Bhayangkara Ke-76, Jokowi: Polri Hadir Tanpa Jeda Waktu, Demi Indonesia Damai

Kemudian katanya, upacara secara virtual, diadakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama atau MoU dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanggamus dan Pos Bantuan Hukum Advokat Indonesia Kabupaten Tanggamus.

“Kerjasama dengan Dinas Perpustakaan ini merupakan bentuk pemenuhan kebutuhan rekreasi dan pengetahuan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), dengan cara penyediaan buku-buku bacaan dari dinas perpustakaan kepada perpustakaan rutan. Sedangkan dengan Posbakum adalah dibidang pendampingan terhadap warga binaan yang kurang mampu, sehingga dalam proses persidangan mereka mendapat bantuan hukum,” terangnya.

Dia melanjutkan, dari tanggal 5 hingga 10 April pihaknya telah mengadakan pertandingan olahraga dan seni bagi WBP meliputi Lomba Catur, Tenis Meja, Domino, Kelereng dan Lomba Karaoke. Disusul pada tanggal 16 April seluruh petugas rutan mengunjungi Pondok Pesantren Nurul Falah dalam rangka Bhakti Sosial,” ujar Sobirin.

Baca Juga:  Tingkatkan Produksi, PTPN VII Unit Pagar Alam Terus Berinovasi

“Selain itu, juga menggelar kegiatan One Day One Prison’s Product yaitu gerakan membeli produk narapidana sebagai bentuk kontribusi pemasyarakatan disektor penerimaan negera bukan pajak,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut Kepala Rutan Kota Agung memberikan cinderamata kepada Kepala Dinas Perpustakaan Gigih Rudiansyah dan Ketua Posbakumadin Kabupaten Tanggamus OK Armed Ripanding berupa Kaligrafi hasil karya WBP Rutan Kotaagung.

“Pemberian Cinderamata kepada Pak Gigih dan Pak Armed ini sebagai langkah awal untuk mengenalkan produk-produk unggulan WBP Rutan Kotaagung agar lebih dikenal luas di masyarakat, katanya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here