Kamis, Juni 13, 2024

Tampil Perdana, KRB Raih Juara Harapan I Lomba Gojeg Lesung

Pesawaran (HO) – Kelompok Gojeg Lesung KRB Dusun Bangun Sari Desa Bagelen meraih juara Harapan I dalam Festival Lomba kesenian tradisional warga Transmigrasi yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung di Museum Transmigrasi pada Kamis (21/12/2023).

Ketua Kelompok Gojeg Lesung Dusun Bangun Sari, Panji Wahyudi mengatakan, KRB Bangun Sari untuk pertama kalinya mengikuti Lomba Kesenian Gojeg Lesung pada Festival tersebut.

“Alhamdulillah, meski penampilan kami baru pertama kalinya, tapi Gojeg Lesung Karya Remaja Bangun Sari (KRB) meraih juara harapan I, Mudah-mudahan tahun depan kita dapat meraih juara pertama,” kata Panji.

Baca Juga:  Dinilai Info Sesat Beredar, Sekretaris MPAL Pesawaran: Baca Perda dan Perbup
Tampil Perdana, KRB Raih Juara Harapan I Lomba Gojeg Lesung

Ditambahkan Panji, sejarah permainan Gojeg Lesung merupakan ekspresi kegembiraan para petani atas melimpah panen atau sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT.

“Dan, disela Kesibukan menumbuk padi tersebut, para petani memainkan Lesung sambil menyanyikan tembang untuk menghibur, tapi sangat disayangkan seiring berkembangnya zaman, Lesung yang dulu sebagai sarana utama menumbuk padi bagi para petani transmigran kini sudah tergantikan dengan alat yang lebih modern, dan ironisnya kesenian Gojeg atau Lesung kini telah tertinggal,” jelas Panji.

Untuk itu dia mengajak seluruh remaja Dusun Bangun Sari, untuk menjaga dan melestarikan kesenian tradisional yang telah diwariskan para leluhur agar tidak tergerus jaman.

Baca Juga:  SDN 6 Teluk Pandan Gelar Pelepasan Dan Perpisahan siswa-siswi kelas VI

Sementara, Kepala Desa Bagelen Merdi Parmanto sangat mengapresiasi para peserta Gojeg lesung yang penuh antusias.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung atas digelarnya Lomba kesenian tradisional masyarakat transmigrasi, dan selamat untuk para pemenang lomba Gejog/Lesung, bagi yang belum menjadi juara jangan kecil hati dan tetap semangat dalam menjaga, dan melestarikan kesenian, adat dan budaya yang telah diwariskan leluhur kita,” pungkasnya. (Red)

Berita Populer

Jelang Konferkab, Ketua PWI Pesawaran: Jangan Ada Intervensi Anggota

Pesawaran (HO) - Menjelang Konferensi Kabupaten (Konferkab) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pesawaran Lampung, yang akan di gelar pada akhir Juni 2024 mendatang, seperti...

Kembangkan E-Katalog Lokal, Pemkab Pesawaran Gelar Sosialisasi Peraturan Pengadaan Barang dan Jasa

Pesawaran (HO) - Pemerintah Kabupaten  Pesawaran Provinsi Lampung  melalui Bagian pengadaan barang dan jasa, menggelar kegiatan Sosialisasi Peraturan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP)...
error: Content is protected !!