Mahasiswa Unila KKN di Pakuan Ratu, Berikan Edukasi Warga Manfaatkan Pekarangan

 Editor: M.Ismail 
Mahasiswa Unila KKN di Pakuan Ratu, Berikan Edukasi Warga Manfaatkan Pekarangan

Way Kanan (HO) – Mahasiswa Universitas Lampung (Unila) melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Periode 1 Tahun 2023 yang berlokasi di Desa Negara Ratu, Kecamatan Pakuan Ratu, Kabupaten Way Kanan Lampung, menggelar kegiatan pemberdayaan masyarakat, memberikan edukasi bagaimana memanfaatkan perkarangan untuk ditanami sayur mayur.

Dalam kegiatan itu, Mahasiswa KKN, melakukan percobaan penanaman jenis tanaman sayuran di polybag. Dan tanaman sayur ini bisa bermanfaat untuk pemenuhan pangan dan gizi masyarakat dengan tetap memperhatikan keasrian halaman rumah.
Adapun tanaman yang ditanam oleh mahasiswa KKN yakni tanaman sayuran seperti cabai dan terong.

Lahan percontohan yang dipakai oleh mahasiswa ini adalah lahan kosong yang berada disamping Gedung Serba Guna (GSG) Tinera Desa Negera Ratu. Ini agar masyarakat mudah untuk untuk belajar bersama.

Baca Juga:  Terbukti Perkara Kawasan Berikat, Leslie Girianza Hermawan di Vonis 13 Tahun Penjara

Salah satu Mahasiswa KKN Fakultas Pertanian Unila, Siti Hafsyoh Aldilla (Agribisnis 20) menjelaskan bercocok tanam merupakan program yang memiliki manfaat untuk masyarakat. Dimana mahasiswa memberikan edukasi dari pelajaran yang dapatkan di kampus kepada masyarakat.

“Selain memberikan percontohan penanaman sayuran, kami juga memberikan pelatihan untuk merawat tanaman sayuran secara sederhana seperti cara pemberian dan komposisi pupuk yang benar serta penanganan hama penyakit tanaman,” ucapnya, Rabu (18/1/2023).

Mahasiswa Unila KKN di Pakuan Ratu, Berikan Edukasi Warga Manfaatkan Pekarangan

“Semoga dengan dilakukan kegiatan ini, dapat menjadi acuan ataupun bahan percontohan bagi masyarakat, yang mana nantinya masyarakat bisa memanfaatkan lahan perkarangannya masing-masing dan dapat memenuhi kebutuhan konsumsi sayuran,” harap Dilla.

Baca Juga:  Tokoh Masyarakat Dorong Polres Pesawaran Periksa Kades Sinarjati Dugaan Korupsi DD

Vernanda Saktilas (Agronomi 20) mengatakan, menanam sayuran selain memberikan efek kesehatan jika dikonsumsi, juga bisa melestarikan lingkungan sekitar.

“Penanaman tanaman pangan, memberi contoh untuk memanfaatkan lahan-lahan yang belum diberdayakan, dan mengisinya dengan tanaman-tanaman yang sifatnya tidak terlalu lama untuk dipanen,” katanya.

Sementara Pj Kepala Kampung Negara Ratu, Ria Kartika Sari, S.Pdi menyambut baik kedatangan mahasiswa KKN di desanya.
Ia berharap mahasiswa ini bisa bekerjasama dengan masyarakat memberikan ilmunya kepada warga desa.

“Semoga apa yang sudah dilakukan bersama mahasiswa bisa diteruskan dan bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Diketahui mahasiswa kelompok KKN mengadakan kegiatan olahraga tournamen badminton, penanaman tanaman buah bersama kelompok tani, bersih-bersih lingkungan dan lainnya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here