Pemkab Pesawaran Lakukan Penelitian UMKM Go Internasional

 Editor: M.Ismail 
Pemkab Pesawaran Lakukan Penelitian UMKM Go Internasional

Pesawaran (HO) – Peran dan dukungan Pemerintahan Kabupaten Pesawaran untuk meningkatkan kinerja UMKM pasca pandemi Covid-19 di Kabupaten Pesawaran, pada Sabtu (24/09/2022) melakukan kajian penelitian bertempat di Balai Desa Hanura, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran.

Kadis PMD setempat, M. Zuriadi mengungkapkan, ini tahap penelitian pada saat covid-19 banyak dirasakan semua tak hanya merambat pada perekonomian masyarakat juga berimbas pada UMKM.

“Jadi pada saat pasca covid-19 ini Pemerintah Kabupaten Pesawaran sudah melakukan upaya-upaya diantaranya pembinaan dan fasilitasi UMKM ini agar bangkit kembali dengan bantuan permodalan kredit KUR UMKM dan sebagainya,” ujar Zuriadi.

Karena itu, menurut Zuriadi, pak Bupati mengambil langkah cepat untuk melihat dampak covid-19 terhadap dampak masalah UMKM di Kabupaten Pesawaran, salah satunya dilakukan penelitian.

“Selain itu juga Pak Bupati Pesawaran konsen di UMKM maka dilakukan penelitian ilmiah yang akan dipubliskan di kancah internasional, termasuk juga menjadikan kebijakan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga:  Berakhir di Jeruji Besi, Mantan Kades Hanau Berak Korupsi Dana Desa

dr. Sopyan Nur Azhari juga merupakan salah satu tim peneliti dari kampus antar kampus menyebutkan saat ini melakukan penelitian UMKM di Kabupaten Pesawaran.

“UMKM itu adalah tonggak perekonomian yang harus kita akui, dan ini harus diperbaiki melalui penelitian yang merupakan salah satu model publiskasi agar UMKM benar-benar diusahakan bersama agar berkembang,” ujarnya.

Lebih dari itu, lanjut Sopyan, penelitian ini output nya adalah desain kebijakan makanya ini diusulkan ke pemerintah semoga bisa menjadi kebijakan yang diterapkan di masyarakat.

“Sedangkan UMKM di Pesawaran potensinya tinggi dengan pangsa pasar untuk bisa kita usahakan, cuman PR nya di jiwa kewirausahaannya, ada di pelaku UMKM,” kata dia lagi.

Untuk itu, sambung Sopyan, PR nya disitu tapi bagaimana menumbuhkan jiwa kewirausahaannya itu, lalu bagaimana UMKM dengan pemerintah sinergi nya dikembangkan lagi.

“Ya, harapannya semoga dengan penelitian ini desainnya lahir kebijakan yang bagus, bisa diimplementasikan dan bisa mengembangkan UMKM khususnya di Pesawaran, pada umumnya seluruh di Indonesia, insyaallah UMKM Pesawaran di publikasikan di Kancah Internasional,” pungkasnya.

Baca Juga:  Pemilu 2024, KPU Pesawaran Gelar Rakor Penataan Dapil dan Alokasi Kursi DPRD

Kegiatan tersebut, dipandu oleh Kadis PMD Kabupaten Pesawaran, M. Zuriadi, dengan menghadirkan narasumber Asisten Dosen program doktor profesor Wilman Safri, melalui dr. Sopyan Nur Azhari, juga diisi dengan diskusi dan pengisian kuisioner kepada para pelaku UMKM, termasuk menampilkan produk kuliner UMKM dan pengerajin batik dan sulam Lampung dari pesisir.

Acara turut dihadiri juga Kadisnaker Pesawaran, M. Iqbal, Plt Kadis Perindag, Fani Setiawan, Kabid PMD, Sekdis PMD, dan Tujuh (7) Camat dari Teluk Pandan, Padang Cermin, Wayratai, Marga Punduh, Punduh Pedada, Gedong Tataan dan Way Lima.

Hadir bersama para Pelaku UMKM, Pokdarwis, dan para Kepala Desa wilayah Pesisir, yakni Kades Hanura, Rio Remota, Kades Cilimus, Nurul Listiana, Kades Sidodadi, Tunggal, Kades Durian, Fauzi, Kades Caringin Asri, Pradipto, Kades Pahawang, Salim. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here