Catut Nama Pejabat, Kapolres Pringsewu Himbau Hati-Hati Modus Penipuan

 Editor: M.Ismail 

Pringsewu (HO) – Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi, S.Ik, M.Ik mengimbau masyarakat agar berhati-hati terhadap modus penipuan dengan mengatasnamakan seseorang atau pejabat yang meminta sejumlah uang.

“Hal ini mulai marak terjadi di Pringsewu, apalagi para oknum tak bertanggung jawab itu mencatut nama pejabat polisi. Para pelaku akan menghubungi calon korban dengan mengatasnamakan seseorang atau pejabat dan meminta dikirimkan uang dengan alasan terkait pekerjaan,” ujar Kapolres melalui rilis humasnya, Jumat (04/2/2022).

Kata dia, salah satu contoh kasus penipuan yang saat ini marak terjadi tersebut mencatut nama penjabat polisi yakni Kasat Res Narkoba AKP Khairul Yassin Ariga, S.Kom dan Kasat Reskrim Iptu Feabo Adigo Mayora Pranata, S.Ik.

Baca Juga:  Lapor Pak, Kami Terima Beras Menir, BPNT Dikelola Oknum Pemdes Tanjung Sari

Sementara itu, sasaran penipuan mulai dari aparat kepala Pekon, APDESI, hingga hingga pengusaha.

Untuk itu, Rio mengimbau masyarakat agar berhati-hati terhadap modus penipuan mengatasnamakan seseorang atau pejabat yang meminta sejumlah uang.

“Saya imbau agar masyarakat jangan mudah percaya dengan segala bentuk penipuan dengan modus meminta untuk mengirimkan sejumlah uang yang mengatasnamakan Kapolres atau pejabat Polri lainnya. Sebelum memberi, sebaiknya di konfirmasi terlebih dahulu kepada orang yang bersangkutan,” tuturnya.

Baca Juga:  Tekan Kejahatan, Polsek Jati Agung Bersama TNI Gelar Patroli Gabungan

Dia menegaskan, jika dari Kepolisian Polres Pringsewu tidak pernah menelepon ataupun SMS untuk meminta sejumlah uang dan bantuan.

“Namun apabila ada masyarakat yang mendapatkan telepon dan mengatasnamakan pejabat Polri agar melakukan cross check (pengecekan ulang) terhadap pejabat yang telah dijadikan referensi, guna klarifikasi atas kebenaran permintaan tersebut,” katanya.

Alangkah baiknya, jika permintaan tersebut tidak ditanggapi. Supaya masyarakat Pringsewu bisa terhindar dari korban penipuan.

“lebih baik jangan ditanggapi, dan kalaupun ada kasus seperti itu harap segera laporkan kepada Polisi”tandasnya (Rls/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here