Jumat, Oktober 25, 2024

Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Dispusip Pesawaran Siapkan Program Doyan Baca

Pesawaran (HO) – Guna meningkatkan minat baca masyarakat di Bumi Andan Jejama, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pesawaran menyiapkan program doyan baca.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Halimah Bin Zakaria, melalui Kasi Pelayanan dan Pembinaan Yuda Auli Purnamasari, mengatakan bahwa tingkat baca masyarakat Pesawaran berada di angka 10 persen saja.

“Tentu cukup miris ya, karena kan banyak sekali akses baca yang seharusnya kita gunakan setiap harinya, Oleh sebab itu Dispusip sejak rutin mengusung misi untuk meningkatkan masyarakat Pesawaran agar membiasakan diri untuk membaca dan menyiapkan Program Doyan Baca,” terangnya, Jumat(29/7/2022).

Dalam hal ini sejak tahun 2017 Dispusip Pesawaran menyiapkan 2 unit mobil Perpustakaan Keliling (Pusling). Kedua unit mobil Pusling yang beroperasi dengan rutin tersebut masuk ke sekolah-sekolah di kecamatan yang ada di Pesawaran, Dan tentunya Dispusip sudah menyediakan banyak koleksi buku dengan berbagai macam.

Baca Juga:  Sebanyak 1024 Anggota BPD Dikukuhkan Bupati Pesawaran

“Kita punya banyak koleksi yang ada di Pusling ini, semisal buku-buku pelajaran, buku ensiklopedia, buku anak, buku budidaya dan sebagainya” ucap Auli.

Kemudian katanya, Selain menyiapkan 2 unit mobil Pusling yang rutin setiap minggunya dengan berkeliling antar kecamatan. Dispusip Pesawaran juga siapkan program bedah buku sekaligus diskusi bersama. Diskusi dan bedah buku tersebut dilakukan di kantor Dispusip Kabupaten Pesawaran dengan sasaran kepada masyarakat umum, siswa sekolah, mahasiswa.

“Tentunya dalam hal tersebut kita bisa melakukan pelatihan semisal membuat kerajinan tangan, itu cara membuatnya bisa dilihat dari tahapan-tahapan pembuatannya melalui baca buku” ucapnya.

Hal itu dilakukan agar dalam mencari sesuatu yang bermamfaat bisa dilakukan dengan membaca terlebih dahulu. Untuk meningkatkan membaca anak-anak khususnya Dispusip Pesawaran menyiapkan program yang bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Polres Pesawaran. Kegiatan tersebut mengusung misi agar anak-anak di Kabupaten Pesawaran bisa hobi dalam membaca dan juga bisa memahami.

Baca Juga:  Polresta Bandar Lampung Tangkap Pelaku Dugaan Asusila Terhadap Anak

“Program tersebut nantinya akan diselenggarakan di Kantor Dispusip Pesawaran, Jadi anak-anak diajarkan membaca dengan menggunakan simbol-simbol ataupun rambu, jadi kami bekerja sama dengan Polres Pesawaran untuk mengajarkan arti dari simbol maupun rambu dalam lalu lintas” ujar Auli.

Kasi Pelayanan dan Pembinaan sekaligus Pustakawan Dispusip Pesawaran tersebut berharap nantinya program-program ini menjadi manfaat dan kebiasaan untuk masyarakat Pesawaran.

“Semakin banyak membaca semakin banyak pengetahuan yang kita dapat,” pungkas nya. (Red)

Berita Populer

Rawan Kecelakaan Paguyuban Trans Peduli Ganti Lampu Penerangan Sebanyak 8 Titik

Lampung Selatan (HO) - Demi kepentingan bersama masyarakat paguyuban Trans peduli Desa Trans Tanjungan Kecamatan Katibung Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung melakukan pergantian lampu...

Dana Desa Pekon Sukoharum Tahap 3 Anggaran 2023 dan 2024. Diduga Jadi Ajang Korupsi

Pringsewu (HO) - Pemerintah Pekon Sukoharum Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung diduga simpankan anggaran Dana Desa (DD) tahun anggaran 2023 tahap 3 dan...