Ciptakan Desa Maju dan Mandiri, Kades Kresno Widodo Harapkan Dukungan Masyarakat

 Editor: M.Ismail 
Hariyanto Kepala Desa Kresno Widodo Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran

Pesawaran (HO) – Guna terciptanya Desa Maju, berkembang dan mandiri, Kepala Desa Kresno Widodo Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung, Hariyanto meminta dukungan dari masyarakat baik dari segi pemikiran maupun dukungan di dalam melaksanakan roda kepemerintahan.

Kepala Desa Kresno Widodo Hariyanto mengatakan dirinya menjabat menjadi kepala desa sejak tahun 2022 dan berakhir di tahun 2028.

“Motivasi saya pada saat saya mencalonkan diri menjadi kepala desa yang jelas untuk membangun desa supaya lebih maju lagi dari segi infrastruktur jalan kemudian sumber daya manusia,” kata Kades Hariyanto Kepada Handalonline.com Jumat (20/1/2023).

Lebih lanjut dia juga mengatakan sesudah dirinya dilantik sebelum anggaran dana desa turun dia juga sudah mengadakan kegiatan pada saat minyak goreng sedang langka dan mahal.

“Merasa itu keluhan dari warga saya tergugah hati saya karena di sini saya adalah kepala desa dan melihat masyarakat saya sedang dalam kesusahan pada saat itu saya mengajukan ke kabupaten sesuai dengan KK yang ada di desa alhamdulillah bisa terealisasi bantuan minyak goreng itu terlaksana terbagi dengan merata di 5 dusun yang terdiri dari 1600 kepala keluarga,” ucap nya.

Dirinya juga mengutarakan peran penting seorang Kepala desa dalam membantu masyarakat mensubsidikan minyak goreng tersebut.

“Meskipun masyarakat menebus minyak goreng tersebut namun dengan harga yang terbilang sangat murah dan saya juga mengeluarkan dari kantong pribadi saya  untuk masyarakat saya apa yang menjadi keluhan mereka saya bisa menutupinya dan memang itu adalah tugas kita selaku kepala desa selalu bersama masyarakat,” timpal nya.

Baca Juga:  Ciptakan Standar Pelayanan, Kanwil Kemenkumham Lampung Gelar Sosialisasi Teknis Pemasyarakatan

Masih kata kata Kades Haryanto tidak hanya itu pihaknya juga sudah merealisasikan jaringan aliran listrik di pemukiman warga sudah terpasang walaupun belum semua dirinya mengatakan 13 titik sudah terpasang sudah 85% sudah dirasakan masyarakat juga manfaatnya.

“Pada saat itu saya juga mengajukan terkait untuk jalan lingkungan di desa di Dusun Kresno Krajan 2 titik dan perbatasan Dusun kresno aji Kresno baru 1 titik dengan panjang kurang lebih 1 KM,” jelas nya.

Dikatakannya, pada saat itu dirinya mengajukan ke pemerintah Kabupaten di kawal oleh DPRD Kabupaten Pesawaran.

“Saya rasa masyarakat sudah tahu siapa orangnya kami juga ucapan terima kasih dan alhamdulillah berkat pengawalan beliau sudah dapat dirasakan oleh masyarakat dan mereka sangat senang terkait jalan lingkungan tersebut,” papar nya.

Kemudian kepala desa juga menerangkan pertama kali dirinya mengelola dana desa
juga sudah banyak item-item yang sudah ia bangun untuk masyarakat.

“Kita juga sudah merealisasikan pembangunan fisik yang menggunakan dana desa atau DD yaitu jalan usaha tani masing-masing di Dusun Kresno di kerjakan 1 titik dan di Dusun Kresno aji 2 titik dan tidak hanya itu kita juga sekalian membangun badan jalan pada saat itu pembebasan lahan dari masyarakat,” ungkap nya.

Baca Juga:  HPN 2023, 15 Pengurus PWI Pesawaran Dampingi Bupati Terima Anugerah Kebudayaan

Dirinya juga menyampaikan dalam pembangunan tersebut kita juga melalui proses tahapan musyawarah dusun sudah terealisasi dapat dirasakan oleh masyarakat yang hendak berkebun.

“Harapan saya untuk di tahun 2023 agar masyarakat saya khususnya bisa membantu pemerintah desa dalam membangun desa saling mengisi tentang pembangunan kalau tanpa bantuan masyarakat dan warga kami pemerintah desa itu tidak bisa apa-apa,” terang nya.

Kades Haryanto juga menyampaikan untuk infrastruktur jalan pertanian karena setiap jalan harus ada pembebasan lahan dari warga.

“Agar nanti nya tanah tersebut bisa dibuatkan jalan kami selaku pemerintah desa siap untuk memprioritaskan jalan pertanian yang menggunakan dana desa karena memang dana desa tersebut adalah hak dari masyarakat,” tegas nya.

Kemudian kepala desa juga menghimbau
Kepada masyarakat untuk meminta doanya serta dukungan.

“Karena saya baru memimpin desa masih banyak belajar supaya amanah dalam memimpin desa yang kita cintai ini kemudian bisa melakukan fungsi saya  jadi saya harap dukungan serta pemikiran agar terciptanya desa maju berkembang dan mandiri baik dari segi infrastruktur dan sumber daya manusianya,” pungkasnya. (Indra Jaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here