Kawal Pemilu, Perdana di Indonesia, Kejari Pesawaran Luncurkan Buku Saku Pemilu

 Editor: M.Ismail 
Kawal Pemilu, Perdana di Indonesia, Kejari Pesawaran Luncurkan Buku Saku Pemilu

Pesawaran (HO) – Kejaksaan Negeri Pesawaran meluncurkan buku saku pemilihan umum bertajuk peran Kejaksaan RI dalam menghadapi pemilu tahun 2022.

Kepala Kejaksaan Negeri Pesawaran, Diana Wahyu Widiyanti mengatakan peluncuran buku itu sebagai bagian dari sosialisasi tugas kejaksaan setempat dalam mengawal pemilu 2024 mendatang.

“Semoga dengan terbitnya buku ini dapat menambah wawasan tentang pemilu bagi penyelenggara, pers maupun peserta pemilu, guna mengawal pemilu yang jujur adil dan transparan serta mencegah pelanggaran terjadi,” katanya saat lounching peluncuran buku di kantor Kejaksaan Negeri Pesawaran, Desa Bagelen, Rabu (28/12/2022).

Kawal Pemilu, Perdana di Indonesia, Kejari Pesawaran Luncurkan Buku Saku Pemilu

Diketahui buku saku itu disusun oleh David Riyadi dan diserahkan secara simbolis oleh Kejari setempat, Diana Wahyu Widiyanti ke berbagai lembaga yang akan mengawal berjalannya pemilu 2024 mendatang.

Baca Juga:  Ciptakan Standar Pelayanan, Kanwil Kemenkumham Lampung Gelar Sosialisasi Teknis Pemasyarakatan

Penyusun buku, David Riyadi menyebut buku itu berisi lima bab antara lain membahas tentang sejarah pemilu, bentuk pelanggaran pemilu dan sengketa pemilu serta peran kejaksaan dalam mengawal penegakan hukum.

“Buku ini sengaja diterbitkan untuk mempermudah penyelenggara maupun lembaga pemantau pemilu, utamanya terkait penegakan hukum pada pelaksanaan pemilu 2024,” katanya.

Sementara Ketua PWI Pesawaran, M Ismail mengapresiasi terbitnya buku saku itu demi terciptanya pemilu yang kondusif, jujur dan adil serta terhindar dari pelanggaran pemilu.

Baca Juga:  HPN 2023, 15 Pengurus PWI Pesawaran Dampingi Bupati Terima Anugerah Kebudayaan

“Apresiasi untuk terbitnya buku saku ini, bahkan ini buku saku yang diterbitkan pertama kali oleh Kejaksaan Negeri di seluruh Indonesia. Semoga penegakan hukum semakin baik dan menjadi tambahan literasi bagi penyelenggara pemilu,” katanya.

Ismail juga menyebut, lembaga pers sebagai pilar keempat demokrasi juga turut berkomitmen mengawal suksesnya pemilu 2024 mendatang dengan menyajikan informasi kepemiluan kepada masyarakat luas.

Peluncuran buku saku itu dihadiri oleh kepala Kesbangpol Pesawaran Zainal Arifin, Ketua KPU Yatin Putro Sugino, Ketua Bawaslu Ryan Arnando, Kasat Reskrim AKP Supriyanto Husin, Ketua PWI Pesawaran M Ismail serta perwakilan DPRD Pesawaran Saptoni. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here