Ketahanan Pangan, Prioritas Pembangunan Desa Bogorejo

 Editor: M.Ismail 
Ketahanan Pangan, Prioritas Pembangunan Desa Bogorejo

Pesawaran (HO) – Program ketahanan pangan, menjadi prioritas pembangunan Pemerintah Desa Bogorejo Kecamatan Gedongtataan, pada penggunaan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2022.

Kepala Desa Bogorejo Hermansyah mengatakan, pada tahun ini pihaknya membangun Tanggul Penahan Tanah (TPT) di dusun tiga sepanjang 425 meter.

“Jadi jalur yang kita bangun TPT ini memang merupakan akses perekonomian bagi masyarakat kita, selain akses ekonomi, jalur ini juga sering dilewati untuk anak-anak kita berangkat sekolah, dan akses menuju perkebunan warga,” jelasnya. Kamis (15/12/2022).

“Jadi kalau kita tidak membuat TPT ini, ketika hujan air dari kebun karet jatuhnya ke jalan tersebut, sehingga sesuai permintaan masyarakat kita membangunkan TPT di jalur tersebut,” ujar dia.

Baca Juga:  Wujudkan Tertib Administrasi, Kantor Kementerian ATR/BPN Kota Panjang Gelar Penyuluhan PTSL

Dirinya juga mengatakan, untuk mendukung pertanian di desanya, pihaknya juga membangun bendungan saluran air di dusun 4, hal ini bertujuan membantu petani mengairi sawah saat musim tanam.

“Selain itu, kita juga memberikan bantuan hewan ternak sebanyak 6 ekor kepada satu kelompok tersebut maka yang ada di desa kita, kemudian memberikan bantuan bibit sayur kepada 5 KWT di dusun, hal ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat kita, lalu kita juga memiliki program pemberian bantuan susu untuk mengentaskan stunting di desa kita, dan kita juga telah rampung membagikan BLT DD kepada 135 KK,” kata dia.

Baca Juga:  Tokoh Masyarakat Dorong Polres Pesawaran Periksa Kades Sinarjati Dugaan Korupsi DD

Menurutnya, selain pembangunan melalui DD, pihaknya juga mendapatkan bantuan pembangunan infrastruktur dari Pemerintah Daerah, berupa peningkatan jalan hot mix, dan pembuatan sumur bor.

“Peningkatan jalan hot mix kita mendapatkan bantuan dari pemda sepanjang 1,5 KM yang melintasi dusun 1, 2, dan 4, lalu pembuatan sumur bor di Dusun 7. Kemudian ada juga bantuan dari salah satu komunitas pembangunan irigasi sepanjang 200 meter x 2 di dusun 1 dan 3,” pungkasnya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here