Ingat, 17 Desember 2022, Sebanyak 27 Desa di Pesawaran Gelar Pilkades

 Editor: M.Ismail 
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Pesawaran Zuriadi

Pesawaran (HO) – Sebanyak 27 desa yang berada di 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Pesawaran, akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada bulan Desember mendatang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Pesawaran Zuriadi mengatakan, pihaknya telah memetakan beberapa daerah yang memiliki tingkat kerawanan dalam pilkades serentak yang akan digelar.

“Pastinya dalam setiap pilkades akan selalu ada gesekan, namun kitakan sudah mempersiapkan segala kemungkinan yang bisa saja terjadi, dan kita juga sudah berkoordinasi dengan pihak pihak terkait, seperti TNI Polri untuk memastikan pelaksanaan pilkades ini berjalan dengan baik dan kondusif,” terangnya, Selasa (18/10/2022).

Baca Juga:  Kades Tri Rahayu H.Teguh Santoso, SE, Tak Ikuti Pilkades Banting Setir Wirausaha

Dirinya mengatakan, dari sebanyak 27 desa yang akan menggelar pilkades, hanya terdapat satu desa yang memiliki calon lebih dari lima orang.

“Saat inikan sudah masuk dalam tahapan verifikasi tingkat kabupaten, dan terdapat satu desa yang memiliki calon lebih dari lima yaitu Desa Sukajaya Lempasing Kecamatan Teluk Pandan, rencananya pada tanggal 1 bulan depan kita akan menggelar Computer Assisted Test (CAT) untuk desa tersebut,” jelas dia.

Menurutnya, pada pelaksanaan Pilkades serentak yang akan digelar pada 17 Desember 2022 mendatang, pihaknya masih tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Baca Juga:  Hari Pertama, Bridge Beregu Lampung Sumbangkan Perak di Porwanas XIII Malang

“Kalau untuk pelaksanaannya, tentu kita akan tetap menerapkan prokes seperti pelaksanaan pilkades serentak sebelumnya, hal ini guna menjamin tidak adanya klaster penyebaran virus covid-19 pada pelaksanaan Pilkades serentak,” kata dia.

“Saya berharap, dalam pelaksanaan Pilkades ini dapat memunculkan kades-kades yang berkompeten dan memiliki visi misi yang sifatnya membangun desanya masing-masing ke arah yang lebih baik,” ujarnya.

Diketahui, 27 desa yang akan menggelar pilkades tersebut berasal dari 10 kecamatan, dan hanya Kecamatan Tegineneng saja yang desanya tidak ikut menggelar pelaksanaan Pilkades serentak. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here