Tingkatkan Kemampuan Menulis, PCNU Gandeng PWI Gelar Pelatihan Jurnalistik

 Editor: M.Ismail 
Tingkatkan Kemampuan Menulis, PCNU Gandengan PWI Gelar Pelatihan Jurnalistik

Pesawaran (HO) – Pengurus Cabang Nahdzatul Ulama (PCNU) gandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pesawaran mengelar pelatihan jurnalistik di Kampus Institut Teknologi dan Agribisnis Nusantara (INtera) Lampung di Desa Pejambon Kecamatan Negeri Katon, Rabu (5/10/2022).

Ketua PCNU Kabupaten Pesawaran Salamus Solihin mengatakan bahwa kegiatan tersebut dimaksudkan untuk melatih dan meningkatkan para santri agar dapat menulis dengan baik sesuai dengan kaidah jurnalistik.

“Kegiatan pelatihan jurnalistik kita selenggarakan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan menulis sehingga diharapkan nantinya kader NU atau para santri yang mengikuti kegiatan ini dapat berkontribusi, minimal pada lingkungan sendiri,” kata dia.

Kemampuan menulis diharapkan mampu mendorong imajinasi peserta dalam mengekspresikan apa yang dilihat sehingga memiliki standar penulisan yang mudah dimengerti oleh pembacanya atau orang lain.

Baca Juga:  Guna Keselamatan Anggota, Kodim 0421/LS Gelar Apel Pemeriksaan kendaraan
Ismail Ketua PWI Kabupaten Pesawaran

“Hampir semua orang sekarang mengekspresikan diri dalam bentuk tulisan ataupun bentuk visual. Nah, ketika sudah dibekali ilmu maka nantinya dapat melakukannya dengan baik dan tertib saat menulis, baik di media sosial dan media lainnya,” ujar dia.

Sementara itu, Ketua PWI Kabupaten Pesawaran Ismail mengatakan bahwa masyarakat sekarang lebih cerdas dan aktif pada media sosial (medsos). Karenanya, perlu diberikan arahan dan bimbingan agar dalam menulis dimedia sosial atau lainnya tidak melanggar hukum.

“Perlunya pelatihan ini agar ketika peserta mengekspresikan diri melalui tulisan dapat dengan mudah dimengerti dengan baik oleh pembacanya. Lalu, pelatihan penulisan juga untuk mengetahui batasan apa saja sehingga tidak melanggar hukum ketika bermedsos,” terang Ismail.

Ditegaskan, di era digitalisasi sekarang ini masyarakat dapat dengan leluasa menulis di media sosial apapun sehingga hampir tidak ada lagi informasi yang dapat ditutupi.

Baca Juga:  Sukseskan Pilkades, Polres Pesawaran Amankan TPS, Bupati: Ganggu Keamanan Siapkan Sel Khusus

“Ketika informasi diupload di medsos oleh masyarakat dan bukan produk jurnalistik, secara tidak langsung masuk dalam citizen journalistik atau masyarakat jurnalistik yang dapat membantu menginformasikan melalui media sosial,” tegas dia.

Dalam kegiatan tersebut, diketahui sebanyak 25 peserta dari para santri Nahdzatul Ulama Bumi Andan Jejama yang direkomendasikan oleh Ketua PCNU untuk mengikuti pelatihan dengan pemateri dari wartawan yang tergabung di PWI Kabupaten Pesawaran.

Hadir pada kegiatan tersebut diantaranya, Ketua PWI Kabupaten Pesawaran Ismail, Sekretaris Sapto Firmansis, Bendahara Reza Utama. Mendampinginya, Personil Seksi Pendidikan PWI Kabupaten Pesawaran M. Arif Nur Marifad, Heri Kodri, Nurizal dan Randy Septian dan Aris Tama. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here