Bupati Pesawaran Selidiki, Aliran Sampah Perairan Teluk Ratai

 Editor: M.Ismail 
Bupati Pesawaran Provinsi Lampung Dendi Ramadhona

Pesawaran (HO) – Pemerintah Kabupaten Pesawaran, menanggapi video viral yang memperlihatkan banyaknya sampah plastik di perairan Teluk Ratai kabupaten setempat.

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan, pihaknya akan menyelidiki terlebih dahulu terkait sumber sampah tersebut berasal dari mana.

“Ini yang masih kita cari tau sumber sampahnya ini dari mana, apakah keluar dari muara ataukah memang ada unsur kesengajaan orang-orang dari darat yang membuang sampah ke laut,” ungkap Bupati Dendi, Senin (20/6/2022).

Dirinya mengatakan, saat ini memang masuk pada musim angin barat, yang mana biasanya kalau angin barat ini banyak sekali membawa sampah yang menuju ke perairan.

Baca Juga:  Peringati Hari AIDS Sedunia, Puskesmas Simpur Gelar Pemeriksaan HIV Gratis

“Sebelum menjadi destinasi wisata, Tegal Mas tersebut memang menjadi lokasi pertemuan sampah disitu, karena memang letak geografisnya juga mendukung untuk pertemuan sampah tersebut. Makanya saat ini kita masih menunggu hasil penyelidikan ini,” ujar dia.

“Kalau memang ada unsur kesengajaan buang sampah ke laut, tentunya akan kita laporkan ke pihak yang berwajib. Namun kalau ini karena faktor alam tentunya akan kita cari jalan keluar dan solusinya bersama-sama dengan Pemkot dan juga Pemprov, apakah akan kita buatan filter-filter di setiap muaranya,” kata dia.

Baca Juga:  Oknum LSM GMBI, Akui Kesalahan Dihadapan Majelis Hakim PN Gedongtataan

Dirinya juga mengimbau kepada seluruh pengurus lokasi wisata yang ada di Kabupaten Pesawaran, agar dapat menjalankan program yang telah dikeluarkan oleh Pemkab Pesawaran terkait dengan libur sehari dalam seminggu yang diperuntukkan untuk bersih-bersih.

“Program itukan khusus untuk di daratnya, namun kalau untuk di perairannya ini yang kami masih kesulitan, karena masih ada yang merasa tidak bertanggung jawab atas perairan ini,” pungkasnya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here