Resmi, Presiden Jokowi Lantik Anggota Komisi KPU dan Bawaslu Periode 2022-2027

 Editor: M.Ismail 

Pemilu 14 Februari 2024.

Jakarta (HO) – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) periode 2022-2027, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (12/4/2022).

Jokowi memimpin langsung pengambilan sumpah tujuh anggota KPU dan lima anggota Bawaslu terpilih tersebut. Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 33 P Tahun 2022 dan Nomor 34 P Tahun 2022.

“Bahwa saya akan memenuhi tugas dan kewajiban saya sebagai anggota Komisi Pemilihan Umum/sebagai anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum dengan sebaik-baiknya sesuai dengan peraturan perundangan, dengan berpedoman pada Pancasila dan UUD 1945,” kata Jokowi diikuti oleh anggota KPU dan anggota Bawaslu baru tersebut.

Para penyelenggara pemilu pun bersumpah bekerja dengan sungguh-sungguh jujur, adil, dan cermat demi suksesnya pemilu, tegaknya demokrasi, dan keadilan. Mereka juga bersedia mengutamakan kepentingan negara dibandingkan kepentingan pribadi atau golongan.

Tujuh orang anggota KPU periode 2022-2027 yang dilantik Jokowi adalah:
-Betty Epsilon Idroos
-Hasyim Asy’ari
-Mochammad Afifuddin
-Parsadaan Harahap
-Yulianto Sudrajat
-Idham Holik
-August Mellaz.

Hasyim adalah komisioner KPU periode sebelumnya yang terpilih kembali, sementara Afifudin sebelumnya adalah anggota Bawaslu.

Baca Juga:  Bangun Mekanisme, Pemkab Pringsewu Launching e-SAKIP

Empat lainnya diketahui memiliki pengalaman sebagai penyelenggara pemilu. Betty sebelumnya adalah Ketua KPU DKI, Yulianto sebelumnya Ketua KPU Jawa Tengah, Idham adalah Komisioner KPU Jawa Barat, kemudian Parsadaan adalah anggota Bawaslu Bengkulu.

Sedangkan August, dikenal sebagai satu-satunya komisioner KPU terpilih yang bukan dari kalangan penyelenggara pemilu, meskipun bukan orang asing dalam pesta demokrasi’ itu. Selama ini August dikenal sebagai pegiat pemilu dari masyarakat sipil, di mana dia merupakan bagian dari Sindikasi Pemilu dan Demokrasi (SPD).

Adapun lima orang Anggota Bawaslu periode 2022-2027 yang dilantik Jokowi adalah:
-Lolly Suhenty
-Puadi
-Rahmat Bagja
-Totok Hariyono
-Herwyn Jefler Hielsa Malonda.

Para anggota Bawaslu terpilih itu semuanya memiliki pengalaman dalam pengawasan penyelenggara pemilu.

Rahmat Bagja merupakan petahana Bawaslu yang terpilih kembali. Puadi sebelumnya adalah anggota Bawaslu DKI Jakarta, Herwyn sebelumnya Ketua Bawaslu Sulawesi Utara, Lolly adalah anggota Bawaslu Jawa Barat, dan Totok anggota Bawaslu Jawa Timur.

Para penyelenggara pemilu baru terpilih usai seleksi yang digelar sejak akhir 2021. Mereka pun telah melewati uji kepatutan dan kelayakan di DPR pada 14-16 Februari 2022.

Baca Juga:  Cegah Korupsi, KPK Pantau Investasi Telkomsel ke GOTO

Sebelum ini muncul wacana penundaan Pemilu 2024 hingga perpanjangan masa jabatan presiden. Hal itu pertama kali dilontarkan Wakil Ketua DPR sekaligus Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan tersirat mendukung wacana tersebut.

Setelah wacana itu bergulir, Jokowi lantas memerintahkan para menterinya tidak lagi berbicara soal penundaan pemilu maupun perpanjangan masa jabatan presiden.

Kemudian dalam rapat di istana Jokowi kembali menegaskan soal pelaksanaan pemilu sesuai jadwal dan memerintahkan anak buahnya mempersiapkan anggaran yang akan digunakan para penyelenggara pemilu.

Mantan wali kota Solo itu menyebut anggaran pemilu dan pilkada pada 2024 akan mencapai Rp110,4 triliun.

“KPU-nya Rp76,6 triliun dan Bawaslu nya Rp33,8 triliun. Ini saya minta didetailkan lagi, dihitung lagi, dikalkulasi lagi dengan baik dalam APBN dan APBD, dipersiapkan secara bertahap,” ujar Jokowi.

Jokowi menegaskan pemilu tetap digelar pada 14 Februari 2024. Persiapan akan dimulai pada Juni tahun ini.

Mantan gubernur DKI Jakarta memerintahkan anak buahnya untuk mendukung penyelenggaraan pemilu. Ia ingin semua landasan hukum disiapkan dalam waktunya dekat. (Ril/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here