Bupati Tanggamus Lantik 4 Kakon Bersaudara Bersama 216 Kakon Terpilih

 Editor: M.Ismail 

Tanggamus (HO) – Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani melantik dan mengambil sumpah jabatan 4 Kepala Kakon (Kakon) bersama 216 Kepala Pekon Terpilih Tahun 2021, di Ruang Rapat Utama, Sekretariat Daerah Kabupaten Tanggamus, Senin (8/3/2021).

Pelantikan dilaksanakan berdasarkan Keputusan Bupati Tanggamus Nomor : B.82/09/08/2021 Tentang Pemberhentian Penjabat Kepala Pekon dan Pengangkatan Kepala Pekon dalam Wilayah Kabupaten Tanggamus Tahun 2021.

Bupati Hj. Dewi Handajani, dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada Kepala Pekon yang dilantik.

“Semoga Kepala Pekon yang saat ini sudah dilantik dapat menjalankan amanah serta bekerja sepenuh hati dan ikhlas, dalam memimpin serta melayani masyarakat di pekonnya masing-masing. Demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat pekon,” kata Bupati.

Bupati juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para ASN yang telah menuntaskan tugasnya sebagai Penjabat (Pj) Kepala Pekon di seluruh wilayah Kabupaten Tanggamus.

“Kiranya, pengabdian saudara selaku ASN masih dapat dilanjutkan sesuai tugas pokok dan fungsinya masing-masing. Semoga pengabdian Saudara menjadi sebuah amal kebaikan,” ucap Bupati.

Bupati mengungkapkan, bahwa pelaksanaan tahapan pemilihan Kepala Pekon sampai dengan pelantikan hari ini, bukanlah merupakan pekerjaan yang mudah dan gampang.

“Begitu banyak hambatan dan tantangan yang dihadapi kita semua. Bukan saja dihadapi oleh para kontestan, panitia, namun dirasakan oleh seluruh level pemerintahan, mulai dari pekon, kecamatan sampai kabupaten. Bahkan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri juga ikut merasakan kesulitan dan hambatan yang kita alami bersama,” ungkap Bupati.

Bupati menerangkan, pemilihan Kepala Pekon yang dilaksanakan 16 Desember 2020 yang lalu, dilaksanakan di 220 Pekon, dan diikuti oleh 772 orang Calon Kepala Pekon. Dengan jumlah DPT keseluruhan 306.760 pemilih, dan partisipasi pemilih mencapai 78%.

Masih kata Bupati, seluruh tahapan Pilkakon sampai pelantikan hari ini telah berlangsung sukses, tertib dan lancar, yang dilaksanakan oleh 6.673 orang Panitia, baik ditingkat kabupaten, kecamatan dan pekon.

Baca Juga:  Sambut HUT RI Ke-77, Desa Durian Benahi Lapangan Upacara

“Dalam setiap kesempatan selalu saya sampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Tanggamus senantiasa terus membangun diberbagai bidang, baik insfrastruktur maupun dibidang non-fisik. Oleh karena itu mari bersama kita saling mendukung, guna terciptanya suasana yang kondusif sehingga apa yang menjadi cita-cita dan harapan kita dapat tercapai,” tandas Bupati.

Terpisah, Kepala Bagian Tata Pemerintahan, Syarief Zulkarnain, menerangkan jumlah Kepala Pekon yang dilantik di masing masing Kecamatan, yakni ;
1. 9 Kepala Pekon Kecamatan Kotaagung Timur, di Ruang Rapat Utama Sekretariat Daerah.
2. 8 Kepala Pekon di Kantor Kecamatan Kotaagung.
3. 15 Kepala Pekon di Kantor Kecamatan Talangpadang.
4. 25 Kepala Pekon di Kantor Kecamatan Wonosobo.
5. 13 Kepala Pekon di Kantor Kecamatan Pulaupanggung.
6. 14 KepalanPekon di Kantor Kecamatan Cukuhbalak.
7. 19 Kepala Pekon di Kantor Kecamatan Pugung.
8. 15 Kepala Pekon di Kantor Kecamatan Semaka.
9. 6 Kepala Pekon di Kantor Kecamatan Sumberejo.
10. 8 Kepala Pekon di Kantor Kecamatan Ulubelu.
11. 14 Kepala Pekon di Kantor Kecamatan Pematangsawa.
12. 7 Kepala Pekon di Kantor Kecamatan Kelumbayan.
13. 14 Kepala Pekon di Kantor Kecamatan Kotaagung Barat.
14. 9 Kepala Pekon di Kantor Kecamatan Gisting.
15. 10 Kepala Pekon di Kantor Kecamatan Gunungalip.
16. 9 Kepala Pekon di Kantor Kecamatan Limau.
17. 10 Kepala Pekon di Kantor Kecamatan BN. Semuong.
18. 6 Kepala Pekon di Kantor Kecamatan Airnaningan.
19. 8 Kepala Pekon di Kantor Kecamatan Bulok.
20. 1 Kepala Pekon di Kantor Kecamatan Kelumbayanbarat.

Sementara itu Zudarwansyah Kepala Pekon Umbul Buah Kecamatan Kotaagung Timur, mengatakan pelantikan serentak Kakon tahun ini bisa menjadi sejarah bagi keluarga besarnya, bagaimana tidak tiga saudaranya semuanya moment tersebut menjadi moment tidak akan dilupakan oleh dirinya, sekaligus menjadi ajang pembuktian bahwa dirinya dan tiga saudaranya menjadi orang berguna bagi khalayak ramai.

Baca Juga:  Pelantikan PD DMI, Bupati Pesawaran: Harapkan Organisasi Berkembang

“Kami sekeluarga besar bersukur, bahwa doa kedua orang tua kami terkabul. Keempat putranya berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara, karena sebaik-baiknya manusia berguna bagi banyak orang,” ungkapnya, Selasa (8/3).

Zudarwansyah melanjutkan, ketiga adiknya yang dilantik menjadi kepala pekon tersebut yakni masing-masing Soldiansyah Kakon Benteng Jaya, Azwan Juni Kakon Kedamaian, lalu Firdiansyah Kakon Teratas Kecamatan Kotaagung. Dari ketiga adiknnya tersebut lanjutnya satu diantaranya pernah menjabat sebagai kakon yakni Soldiansyah, maka ia berharap kepada kedua saudaranya yang lain agar supaya bisa berbagi pengalaman sehingga tidak salah dalam menjalankan sesuatu keputusan.

“Saya sangat mengharapkan, dalam melaksanakan tugas sesuai dengan aturan aturan yang ada, gunakan skala prioritas dan usulan masyarakat yang memang urgent agar supaya lebih diutamakan, sehingga masyarakat merasakan kinerja nyata kita semua,” ujarnya.

Hal senada disampaikan oleh Azwan Juni Kakon Kedamaian. Ia menyampaikan dirinya membuka diri serta menyerap aspirasi positif terlebih untuk kemajuan dari pekon kedamaian, terlebih dalam hal ini lanjutnya ia akan senantiasa belajar dari pengalaman yang dimiliki kakak kandungnya dalam menjalankan roda pemerintahan di pekon.

“Kita sangat bersyukur sekali. Apa yang belum tercapai baik pembangunan dan lain sebagainya akan segera kita lakukan, dan semoga covid 19 ini segera cepat berakhir sehingga kita bisa konsen dalam melakukan pembangunan khususnya yang ada di pekon kedamaian ini,” ujarnya.

Terpisah, Firdiansyah Kakon Teratas mengatakan bahwa tugas dan tanggung jawab yang diberikan oleh masyarakat luas kepada dirinya utamanya kepada ketiga saudara kandungnya tersebut merupakan amanah yang harus dipertanggungjawabkan dengan sebaik-baiknya.

“Kepentingan masyarakat luas yang harus diutamakan, maka daripada itu, saran, serta kritik membangun serta masukan dan aspirasi dari semuanya sangat dibutuhkan demi masyarakat luas,” katanya. (Rudi Andriansyah, S.sos)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here