Senin, Juni 24, 2024

Gempa Tektonik Berkekuatan 5,1 M Guncang Bengkulu

Bengkulu (HO) – Gempa tektonik berkekuatan Magnitudo 5,1 mengguncang Bengkulu dan sekitarnya, Sabtu petang, 30 Januari 2021, pada pukul 17.52.33 WIB. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa itu bersumber di laut namun tidak berpotensi tsunami.

Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, episentrum gempa berjarak sekitar 37 kilometer arah barat daya Seluma, Bengkulu. Dampak gempa berupa guncangan yang dirasakan warga di Kota Bengkulu, Manna, Seluma, dan Bengkulu Selatan, hingga skala IV-V MM.

Baca Juga:  TNI Angkatan Laut Berikan Pelatihan Ketahanan Pangan Wilayah Lanal Lampung 

Getaran pada skala itu diilustrasikan dirasakan hampir semua penduduk dan membangunkan orang. Selain juga sanggup memecahkan gerabah, melontarkan barang, menghentikan bandul lonceng, dan membuat jendela atau pintu berderik serta dinding berbunyi.

Di Kepahiang, gempa yang berasal dari kedalaman 51 kilometer itu dirasakan dalam skala intensitas IV MMI. Di MukoMuko, Argamakmur, Oku Selatan dirasakan pada skala intensitas lebih lemah, III MMI, dan lebih lemah lagi di Liwa, Rejang Lebong, Sekincau, Lampung Barat.

Baca Juga:  Meriahhh, Ratusan Papan Bunga Hiasi Konferkab VI PWI Pesawaran

“Gempa ini dipicu aktivitas tunjaman Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia di zona transisi Zona Megathrust ke Zona Benioff,” kata Daryono menjelaskan lewat keterangan tertulis, Sabtu malam 30 Januari 2021.

Sejauh ini menurut Daryono belum ada laporan adanya kerusakan bangunan. Adapun lokasi sumber gempa kali ini dekat dengan sumber Gempa Bengkulu bermagnitudo 7,0 pada 8 April 1971 dan Gempa Bengkulu bermagnitudo 7,4 pada 13 Februari 2001. (Net/Red)

Berita Populer

Meriahhh, Ratusan Papan Bunga Hiasi Konferkab VI PWI Pesawaran

Pesawaran (HO) - Ratusan papan bunga menghiasi lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pesawaran sejak Minggu 23 Juni 2024 menyambut Konferensi Kerja Kabupaten (Konferkab) VI...

TNI AL Berikan Pelatihan Ketahanan Pangan di wilayah Lanal Lampung

HO, PESAWARAN INSIDE - TNI Angkatan Laut (TNI AL) memberikan pelatihan ketahanan pangan mengenai budidaya rumput laut, Udang Vaname menggunakan Bioflok, jagung dan padi...
error: Content is protected !!