Ciptakan Desa Tentram, Makmur dan Berkeadilan, Kades Wagiran Selalu di Tengah Masyarakat

 Editor: M.Ismail 
Berkeadilan, Kades Wagiran Selalu di Tengah Masyarakat

Pesawaran (HO) – Guna menciptakan desa tentram maju makmur dan berkeadilan, Wagiran Kepala Desa Margorejo Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung akan selalu ada di tengah masyarakat untuk memajukan desa sesuai apa yang menjadi harapan masyarakat.

Wagiran Kepala Desa Margorejo mengatakan dirinya mengabdi menjadi kepala desa sejak tahun 2020 sebelum menjadi kades dirinya adalah seorang petani yang juga menggeluti bidang pertanian dan berdagang.

Wagiran Kepala Desa Margorejo Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung

“Benar adanya sebelum saya menjadi pemimpin atau panutan di desa saya dulunya bergelut di bidang tersebut dan hingga saat ini masih tetap bertani bilamana bukan jam kerja saya pasti berada di ladang jadi memang itulah keseharian saya,” ujar Kades Wagiran Kepada Handalonline.com Jumat (6/1/2022).

Dia juga menceritakan sebelum dirinya menjadi kepala desa tidak pernah terpikir dalam benak nya di karenakan pada saat itu tokoh agama dari 3 agama yang ada di desa beserta tokoh pemuda masyarakat meminta kepada istri dan keluarga untuk mengabdikan diri di pemerintahan desa.

“Dan pada saat itu saya mengatakan kepada mereka ini adalah beban moral untuk saya pribadi tanggung jawab dunia akhirat yang harus di emban serta pemikiran yang matang,” ucap nya.

Lanjut Kades Wagiran kemudian masyarakat mengatakan kepada nya akan mendampingi serta memberikan dukungan baik dari segi finansial pemikiran serta dukungan.

“Sehingga bergeraklah hati saya untuk maju menjadi kepala desa itu semua tidak terlepas dari masyarakat pemuda tokoh agama dari 3 agama berbeda karena memang kerukunan antar umat beragama hidup secara berdampingan di desa kita hingga saat ini berjalan dengan baik,” terangnya.

Baca Juga:  GEMAPATAS Pecahkan Rekor Muri, BPN Pesawaran Pasang 1.530 Batas Tanah di Dua Desa

Dia juga mengatakan sepenuh nya mendapatkan dukungan sampai akhirnya terpilih untuk mendapatkan amanah dari masyarakat Desa Margorejo.

“Pada prinsipnya saya ini dipilih benar-benar dari masyarakat dan di minta masyarakat untuk mengabdi maka dari itu saya akan selalu berada di tengah-tengah masyarakat dalam keadaan apapun,” ujar nya.

Kades Wagiran melanjutkan pembangunan infrastruktur jalan drainase sumur bor di
berbagai titik di desa jalan onderlah sudah terealisasi dengan baik sesuai harapan masyarakat.

“Kemudian pos ronda atau siskamling bantuan langsung tunai itu semua sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” papar nya.

Kemudian masih kata Kades Wagiran kegiatan di bidang pertanian berjalan dengan baik dan sangat di perhatikan oleh pemerintah desa.

“Bahkan sampai pak menteri datang ke desa secara mendadak kemudian dihadiri oleh pemerintah kabupaten karena memang kepemudaan di desa kita itu berjalan dengan baik dari sebelumnya dan sangat kita perhatikan untuk sumber daya manusianya sekarang ini mereka tidak berpikir negatif dan memang sudah ada kesibukan di bidang peternakan serta pertanian menanam cabai jagung,” terang nya.

Dirinya juga berharap kepada warga masyarakat yang terdiri dari 5 Dusun ini tetap mempertahankan kerukunan antar umat beragama dan terus menjaga keutuhan dan kesatuan sehingga bisa menambah kekuatan untuk membuat sebuah perbaikan semua bidang di desa.

Baca Juga:  Limbah PT KASA, Akibatkan Wabah Penyakit, Miris Bertahun-tahun Petani Gagal Panen

“Saya menghimbau apa yang sudah menjadi peraturan dan aturan baik dari pemerintah provinsi maupun kabupaten dan desa ayo sama-sama kita taati agar menciptakan desa kita tentram maju makmur dan adil,” jelas nya.

Kades Wagiran juga menyampaikan kepada masyarakat yang sangat ia sayangi mari sama-sama kita membangun desa.

“Agar terciptanya SDM dapat produktif sumber daya alam bisa kita manfaatkan yang di sebut desa maju yang bisa menghasilkan income perkapita sendiri anak-anak muda dan masyarakat.

Kemudian masih kata Kades di bidang pedagang berjalan dengan baik pembangunan pembangunan di pasar baik dari segi sarana dan prasarana sudah terealisasi dan itu berkat doa serta kerjasama antar masyarakat.

“Dan pemerintah desa doa dari pada orang tua yang ada di desa kita jadi harapan saya semoga desa ini semakin lebih baik dan maju bisa dikatakan sebelum saya menjabat memang sudah baik dan kalau bisa lebih baik lagi itu memang sudah menjadi tekad saya,” ujar nya.

Karena dirinya dipilih masyarakat di katakan kan nya baru seumur jagung ini pun periode pertama.

“Jadi saya sangat berharap agar seluruh elemen masyarakat baik tua muda berikan sumbangsih pemikiran apa yang dibutuhkan apa yang menjadi harapan masyarakat mari kita duduk bersama dan kita musyawarahkan karena tanpa adanya masukan-masukan dari masyarakat kami atas nama pemerintah desa tidak bisa apa-apa,” pungkas Kades Wagiran (Indra Jaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here