Sulam Jelujur Mendunia, Sukses di Amerika Kini Tampil di Dubai

 Editor: M.Ismail 
Sulam Jelujur Mendunia, Sukses di Amerika Kini Tampil di Dubai

Pesawaran (HO) – Kain Sulam Jelujur Kerajinan tangan khas Kabupaten Pesawaran, kembali mengharumkan nama Bumi Andan Jejama di kancah Internasional.

Ketua Dekranasda Pesawaran Nanda Indira Dendi mengatakan, setelah sukses mengikuti pameran di Amerika beberapa waktu lalu, kali ini Sulam Jelujur kembali tampil pada acara fashion yang dilaksanakan di Dubai.

“Sulam Jelujur saat ini sedang dipamerkan di Dubai, di bulan Desember ini ada tiga kegiatan fashion yang dilangsungkan disana, dan pada hari ini sulam jelujur sedang mengikuti kegiatan Dubai Fashion Week, kemudian besoknya Sulam Jelujur mengikuti kegiatan Dubai Fashion Show, dan lusa akan ikut dalam pameran yang akan dilaksanakan di kantor Konsulat Jendral Republik Indonesia (KJRI),” terang nya, Sabtu (3/12/2022).

Baca Juga:  Ciptakan Standar Pelayanan, Kanwil Kemenkumham Lampung Gelar Sosialisasi Teknis Pemasyarakatan
Sulam Jelujur Mendunia, Sukses di Amerika Kini Tampil di Dubai

Dirinya mengatakan, dengan semakin banyak kegiatan fashion yang diikuti oleh kain khas Pesawaran ini, semakin banyak pula minat orang untuk memesan kain Sulam Jelujur kepada para pengerajin.

“Dari awal, memang kami telah berkomitmen untuk terus mempromosikan dan memasarkan produk hasil UMKM Pesawaran ke dunia internasional, dan kegiatan yang di USA kemarin merupakan gerbang untuk memasukan kerajinan kita ke pasar global,” kata dia.

Sementara itu, Aris desainer Sulam Jelujur mengatakan, pihaknya membawa beberapa produk yang telah dibuat menggunakan kain Sulam Jelujur, seperti busana gaun, pakaian dan juga tastas dari tenun asli Pesawaran dan disulam langsung oleh para pengerajin kita.

Baca Juga:  JAM-Pidmil Lakukan Kunjungan, Panglima TNI: Koordinasi Dengan Penyidik Polisi Militer

“Jadi dalam desain itu, kita mengkolaborasikan dengan batik siger dalam balutan busana, dalam kegiatan ini kita mengangkat tema ibu pertiwi berkebaya Indonesia dengan tujuan menggalakan kebaya indonesia goes to unesco,” ujar dia.

Sulam Jelujur Mendunia, Sukses di Amerika Kini Tampil di Dubai

“Kedepannya kita juga selalu mengedukasi kepada para pengrajin, untuk terus mengupdate desain desain tentang Sulam Jelujur ini, karena kita ketahui kain khas Pesawaran ini sudah semakin dikenal oleh masyarakat bahkan sampai luar negeri,” pungkasnya.

Diketahui, dalam kegiatan itu dihadiri oleh Raja kalba Sarjah, Konjen (KJRI) Dubai, pengamat fashion dari Milan, Dubai, Arab dan New York. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here