Jumat, Maret 29, 2024

Peringati Hari AIDS Sedunia, Puskesmas Simpur Gelar Pemeriksaan HIV Gratis

Bandar Lampung (HO) – Dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia (HAS) pada Kamis, (1/12/ 2022), UPT Puskesmas Rawat Inap Simpur mengadakan rangkaian kegiatan meliputi Pemeriksaan Tes HIV gratis, penyuluhan kesehatan mengenai HIV Aids , dan pembagian pita merah.

Ketua Pelaksana kegiatan Miranti Dea Dora, S.Kep, Ns, M.Kep menerangkan bahwa Hari Aids Sedunia (HAS) diperingati setiap tanggal 1 Desember. Puskesmas Rawat Inap mengadakan pemeriksaan tes HIV gratis dan serentak untuk Ibu Hamil dan Kelompok Beresiko lainnya.

Pemeriksaan Tes HIV Bagi Ibu Hamil dan Kelompok Beresiko Lainnya

“Pemeriksaan HIV ini bertujuan untuk pemeriksaan yang menunjukkan jika seseorang terinfeksi virus HIV atau tidak,” terang wanita cantik ini, biasa disapa Mira.

Mira melanjutkan, Selain itu kegiatan lainnya yaitu penyuluhan kesehatan mengenai HIV Aids dan pencegahannya yang disampaikan oleh Mahasiswa Coas Kedokteran Unila di ruang tunggu pasien Puskesmas.

“Masih banyak yang menganggap bahwa HIV/AIDS bisa menular hanya karena bersentuhan dengan pengidapnya. Ketidaktahuan tentang HIV/AIDS, terlebih pada ketidakpahaman cara penularan akan menciptakan stigma negatif dan diskriminasi terhadap Orang dengan HIV (ODHIV),” ujarnya.

Baca Juga:  Tingkatkan Silaturahmi Bulan Suci Ramadhan, Bupati Pesawaran Kunjungi Dua Kecamatan

“Edukasi penyuluhan kesehatan tentang HIV sangat penting untuk memutus stigma dan diskriminasi ODHIV di masyarakat,” timpalnya.

Penyuluhan Kesehatan tentang HIV AIDS dan Pencegahan Penularan

Miranti Dea Dora, S.Kep, Ns, M.Kep, menambahkan, pada kegiatan hari ini juga, petugas membagikan pita merah kepada seluruh pasien yang berkunjung ke Puskesmas Rawat Inap Simpur yang bertujuan untuk memperingati hari AIDS sedunia.

“Sebagai bentuk solidaritas menandakan tidak ada bedanya dan tidak adanya stigma antara pasien ODHIV dengan masyarakat umum,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Rawat Inap Simpur dr.Liskha Sari Sandiaty, M.Kes sangat mengapresiasi kegiatan peringatan Hari AIDS Sedunia (HAS) yang telah diselenggarakan oleh tim layanan PDP HIV Puskesmas Rawat Inap Simpur.

“Semoga kegiatan ini bisa memberikan dampak yang positif bagi pasien ODHIV yang mengakses pengobatan ARV maupun pasien yang akan mengakses tes HIV bagi ibu hamil maupun kelompok beresiko,” katanya.

dr.Liskha Sari Sandiaty, M.Kes menyebutkan, Puskesmas Rawat Inap Simpur akan terus berupaya meningkatkan mutu pelayanan PDP HIV yang sejak tahun 2017 sampai dengan saat ini.

Baca Juga:  Langgar Perda, Indomaret-Alfamart Dapat Peringatan Pemerintah

“Sehingga kami bisa terpilih sebagai Layanan Kesehatan Favorit Bagi Komunitas Konsorsium HIV Lampung Tahun 2022,” ucapnya.

Begitu juga Koordinator Layanan PDP HIV Puskesmas Rawat Inap Simpur dr. Sarah Prima Ayu menyampaikan bahwa HAS tahun ini menjadi momentum stop stigma dan diskriminasi terhadap ODHIV.

“Agar ODHIV bisa mengakses pengobatan Anti Retro Viral (ARV) dan patuh mengonsumsi ARV untuk memperbaiki kualitas hidupnya dan mencegah penularan HIV,” ujarnya.

Salah satu pendamping pasien ODHIV dari Komunitas Saburai Support Group (SSG) Lampung Inisial A (30 th) mengucapkan terima kasih kepada Puskemas Rawat Inap Simpur yang memberikan layanan terbaik, petugas kesehatan yang ramah dan tidak pernah membeda bedakan dari pendaftaran sampai pengambilan obat.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Puskemas Rawat Inap Simpur yang memberikan layanan terbaik bagi kami, petugas nya sangat ramah-ramah, sekali lagi saya mengucapkan terima kasih bapak ibu dokter,” ucapnya. (Mira)

Berita Populer

Indomaret-Alfamart Langgar Aturan, Sat-Pol PP Tutup Tempat Usaha

Pesawaran (HO) - Pasca diterbitkannya surat peringatan dari Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung kepada pelaku usaha...
error: Content is protected !!