Pemkab Pesawaran Peringati HKN, Wildan: Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku

 Editor: M.Ismail 
Pemkab Pesawaran Peringati HKN, Wildan: Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku

Pesawaran (HO) – Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Pesawaran menghadiri sekaligus membuka langsung puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 58 yang digelar Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran, bertempat di lapangan Pemkab Pesawaran Selasa, (15/11/2022).

Sekdakab Wildan, mewakili Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan. Hari Kesehatan Nasional ke 58 tahun 2022 dengan mengangkat tema “Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku” tema ini dipilih untuk menggambarkan bangkitnya semangat dan optimisme, seluruh lapisan masyarakat Indonesia yang secara bersama sama. Bahu membahu dan bergotong royong dalam menghadapi situasi kesehatan di masa Pandemi Covid-19, sehingga masyarakat dapat kembali beraktifitas dan produktif agar Indonesia kembali bangkit dan kembali sehat.

“Peringatan HKN menjadi momentum untuk untuk melakukan refleksi tentang apa yang harus kita berikan bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Pesawaran,” kata Wildan.

“Kita harus merenungkan kembali upaya-upaya terbaik yang dapat dilakukan untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi tingginya sebagaimana tujuan pembangunan kesehatan  yang kita harapkan,” tutur Wildan.

Baca Juga:  Pemilu 2024, KPU Pesawaran Gelar Rakor Penataan Dapil dan Alokasi Kursi DPRD

Wildan menambahkan. Sebagai upaya untuk mewujudkan masyarakat  Kabupaten Pesawaran yang berperilaku sehat, hidup dalam lingkungan sehat dan sadar akan pentingnya kesehatan.

“Kita telah melaksanakan Gerakan Masyarakat hidup Sehat (Germas) yang merujuk pada kebijakan kementerian kesehatan. Germas merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup,” ujarnya.

Menurutnya, pada tahap awal Germas fokus pada tiga (3) hal, yaitu melakukan aktifitas fisik selama 30 menit perhari, mengkonsumsi sayur dan buah, serta memeriksa kesehatan secara berkala, sedangkan pelaksanaan Germas harus dimulai dari keluarga bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.

Selain itu juga, Sekdakab Wildan menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada segenap insan kesehatan yang telah bahu membahu berjuang tanpa mengenal lelah dalam melaksanakan pembangunan kesehatan di Kabupaten Pesawaran.

Baca Juga:  Libur Nataru, Dinkes Pesawaran Antisipasi Penyebaran Covid-19

“Perjuangan kita masih panjang, oleh karena itu saya berpesan kepada semua insan kesehatan agar terus menyampaikan tiga hal,” ungkap nya.

Yang pertama kata Wildan, Terus mendorong terbangunnya  gerakan masyarakat hidup bersih dan sehat, diantaranya melalui konsumsi makanan bergizi seimbang, melakukan aktifitas fisik setiap hari dan mencuci tangan dengan sabun.

Yang kedua, Terus mendorong masyarakat untuk memeriksakan kesehatannya secara rutin, baik pemeriksaan ibu hamil, pemantauan tumbuh kembang balita, imunisasi , pemeriksaan penyakit penyakit sesuai siklus hidup.

“Dan yang ketiga  Terus mengembangkan diri dan organisasi dalam kompetisi  dan memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat,” sebutnya.

“Dengan HKN, “Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku”, Puncak Peringatan HKN Ke 58 tingkat Kabupaten, resmi dibuka,” pungkasnya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here