Kades Sidowaluyo Pimpin Desa Kedepankan Keharmonisan Prioritaskan Infrastruktur

 Editor: M.Ismail 
Haroni, Kades Sidowaluyo Pimpin Desa Kedepankan Keharmonisan Prioritaskan Infrastruktur

Lampung Selatan (HO) – Kepala Desa Sidowaluyo Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung Haroni selain memprioritas kan infrastruktur ia juga mengedepankan keharmonisan antar umat beragama guna memajukan desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Haroni selaku Kepala Desa Sidowalyo menceritakan memimpin Desa Sidowaluyo sejak Tahun 2017 dan masa akhir jabatan tahun 2023 mendatang selama memimpin sudah hampir 7 KM jalan sudah di realisasikan menggunakan sumber Dana Desa (DD), yang terdiri dari 9 Dusun.

“Kemudian sudah merealisasikan lapangan yang ada di desa, sudah saya perbaiki yang tadinya miring alhamdulilah sekarang sudah rata dan sudah digunakan masyarakat untuk di bidang olahraga maupun kegiatan desa,” jelas Kades Sidowaluyo Haroni Kepada Handalonline.com, Selasa (15/11/2022).

Haroni, Kades Sidowaluyo Pimpin Desa Kedepankan Keharmonisan Prioritaskan Infrastruktur

Kemudian Kades Haroni juga mengatakan
yang terpenting adalah kerukunan antar umat beragama karena ini yang menjadi PR utama, karena di desa kami masyarakat majemuk atau lebih dari satu agama pihaknya menginginkan kerukunan di desa sebagai lambang dasar dan pedoman Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu berdasarkan Pancasila.

Baca Juga:  Oknum LSM GMBI, Akui Kesalahan Dihadapan Majelis Hakim PN Gedongtataan

“Sehingga kehidupan bermasyarakat kami lebih aman, tentram dan damai. kami juga dari pemerintah desa memberikan usaha kepada kelompok perikanan dengan budidaya ikan lele, walaupun sampai saat ini belum terlihat hasilnya dikarenakan budidaya ikan lele ini lumayan sulit,” kata Kades Haroni.

Poto bersama Haroni, Kades Sidowaluyo

Masih kata Kades Haroni untuk ketahanan pangan pihaknya selain bergerak di bidang budidaya Ikan lele ada juga perkebunan seperti tanaman sayuran yang dikelola oleh Kelompok Wanita Tani (KWT), Desa Sidowaluyo.

“Untuk kelompok peternakan pemerintah desa juga memberikan berupa sapi yaitu 2 ekor sapi yang kami realisasikan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes), kami belikan 2 ekor sapi di tahun anggaran 2022 ini sesuai dengan arahan PerDa No.104,” timpalnya.

Baca Juga:  Kajati Lampung Resmikan Rumah Restorative Justice dan Badan Rehabilitasi Narkotika Adhyaksa Lamtim

Kades Sidowalyo Haroni juga menyampaikan itu sesuai arahan Bapak bupati rujukan kepada Peraturan Presiden No.104 tahun 2021.

“Saya berharap Desa Sidowaluyo desa kami ini dapat berkembang, perekonomian nya sehingga mengurangi tingkat kemiskinan yang ada di desa, saya atas nama pemerintah desa akan berusaha mengupayakan kedepannya untuk membuka peluang-peluang usaha yang lebih baik lagi disektor pertanian, perikanan dan peternakan,” ujar Kades Haroni.

Kades Haroni berharap kemajemukan di dalam masyarakat terus ditingkatkan sehingga kerukunan terus terjaga dan saling hormat menghormati sesama agama, ras dan suku karena suatu perbedaan akan lebih mempersatukan umat beragama untuk kemajuan Desa Sidowaluyo.

“Mari kita jaga persatuan dan kesatuan, mari kita bangun Desa Sidowaluyo yang lebih baik lagi dengan tujuan untuk kemajuan desa dan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (Indra Jaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here