Kapolres Tanggamus Wujudkan Program Mabes Polri, Bupati Resmikan Taman Lalu Lintas Sanika Satyawada

 Editor: M.Ismail 
Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani yang didampingi oleh Kapolres Tanggamus AKBP Satya Widhy Widharyadi, S.I.K., M.K.P, meresmikan Taman Lalu Lintas Sanika Satyawada

Tanggamus (HO) – Dalam rangka melaksanakan program yang dicanangkan oleh Korlantas Polri dalam rangka pembinaan lalu lintas kepada anak usia dini, Polres Tanggamus meresmikan taman lalu lintas Sanika Satyawada, Rabu, (2/11/2022).

Peresmian dilakukan oleh Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani yang didampingi oleh Kapolres Tanggamus AKBP Satya Widhy Widharyadi, S.I.K., M.K.P bersama jajaran Forkopimda Tanggamus.

Taman lalu lintas Polres Tanggamus sendiri didirikan di area depan kantor Satpas SIM Sat Lantas Polres Tanggamus yang merupakan tanah hibah Pemkab Tanggamus kepada kepolisian.

Rangkaian kegiatan itu juga dihadirkan anak-anak TK yang menampilkan drum band, senam lalu lintas dan tara cara menyebrang jalan, dilanjutkan sambutan oleh Kapolres Tanggamus dan Bupati Tanggamus.

Menandai peresmian taman lalu lintas Polres Tanggamus itu, Bupati melakukan pemukulan gong hingga melepaskan balon ke udara tanda operasional taman lalu lintas yang diberi nama Sanika Satyawada.

Usai pembukaan itu, Bupati dan Forkopimda menyaksikan langsung simulasi berkendara di taman lalu lintas yang dilakukan anak-anak TK, bahkan menanyakan rambu-rambu dengan jawaban yang benar.

Baca Juga:  Kajati Lampung Resmikan Rumah Restorative Justice dan Badan Rehabilitasi Narkotika Adhyaksa Lamtim

Kapolres Tanggamus AKBP Satya Widhy Widharyadi mengungkapkan, pihaknya meresmikan taman lalu lintas tersebut sebagai langkah melaksanakan program Korlantas Mabes Polri.

Selain itu juga, sebagai bentuk edukasi kepada anak-anak sejak usia dini dalam rangka ketertiban lalu lintas dan pemahaman etika berlalu lintas sejak dini.

“Diharapkan pada saatnya nanti, anak-anak tumbuh dewasa dapat memahami peraturan, rambu-rambu lalu lintas serta memahami etik berlalu lintas,” kata AKBP Satya Widhy Widharyadi.

Kapolres menjelaskan, taman lalu lintas yang diberi nama Sanika Satyawada yang diambil dari nama batalyon Alumni Akpol Tahun 2000.

“Sanika Satyawadha berasal dari bahasa sangsekerta memiliki arti pemimpin yang dapat dipercaya dan memegang teguh janji,” jelasnya.

Ia menambahkan, sejak resmikannya taman lalu lintas Sanika Satyawada, kedepannya dapat dipergunakan oleh anak-anak TK untuk belajar.

“Kedepannya silahkan dipergunakan untuk pendidikan anak TK yang berada di kabupaten tanggamus,” tutupnya.

Bupati Tanggamus Dewi Handajani dalam kesempatan itu memberikan aprisiasi kepada Polres Tanggamus sebab kegiatan ini akan menjadi sarana edukasi bagi anak anak TK.

Baca Juga:  Berdayakan WBP, Lapas Perempuan Kelas IIA Balam Bersinergi PT Bukit Asam Tbk Tarahan

“Melalui ini sehingga anak anak kita memahami rambu rambu lalulintas, juga beretika lalulintas yang baik kemudian juga menjadi budaya untuk anak anak kita pada saat nya nanti,” kata Bupati.

Apresiasi yang disampaikan Bupati itu selaras dengan perkembangan anak kedepan, mereka akan menjadi pengguna jalan raya yang baik dalam berkendaraan maupun pemakai jalan lainnya.

“Melalui upaya kongkrit kita dalam menurunkan angka angka lakalantas dapat teratasi dan juga kita berharap ini adalah upaya yang berkesinambungan dan bermampaat untuk orang banyak,” harapnya.

Bupati juga mengaku bahwa taman lalu lintas tersebut sangat bagus sehingga diharapakan masyarakat memanfaatkannya.

“Masyarakat agar memanfaatkan sarana edukasi ini dengan baik sehingga apa yang kita harapkan dapat terwujud,” tutupnya.

Dalam peresmian tersebut dihadiri para pejabat utama (PJU) Polres Tanggamus, Kadis Perhubungan Eli Rahman, Camat Kota Agung Erlan Deni Saputra, Kakon Terbaya Mardatu, Ikatan Guru TK (IGTK), anak-anak TK dengan didampingi orang tuanya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here